by

Publik Pertanyakan Kenetralan Gubernur Maluku

-Politik-926 views

AMBON,MRNews.com,- Publik Bursel mempertanyakan kenetralan Gubernur Maluku dan Bupati Bursel dalam Pilkada. Setelah sebelumnya Gubernur menyebutkan meminta ASN harus bersikap netral.

Juru Bicara DPD Golkar Maluku Subhan Pattimahu mengatakan, harusnya, sebagai Gubernur pak Murad sebaiknya Mampu bersikap adil, mandiri dan mempunyai integritas.

Terhadap foto tersebut, Pattimahu meminta pihak Bawaslu di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) agar menyikapi ketidaknetralan ASN jika terlibat dalam proses-proses Pilkada yang sedang berlangsung.

“Dengan merujuk pada undang – undang tersebut maka ditekankan kepada kepala daerah agar lebih profesionalisme dalam menjalankan program–program pemerintahan. Menjalankan program – program sosial tanpa ada embel–embel mengambil kesempatan untuk mensosialisasikan calonnya,” ujar Pattimahu.

Diutarakan, jikalau memang foto yg beredar adanya maka sesungguhnya itu telah melanggar Aturan. Sebagai seorang Gubernur seharusnya beliau tidak boleh mempertontonkan keberpihakan terhadap salah satu calon kepala daerah pada pilkada serentak ini.

“Gubernur harusnya bisa menahan syahwat politiknya dan menjaga jarak yang sama dengan semua kandidat, karena sebagai Gubernur beliau adalah milik seluruh masyarakat Maluku tanpa terkecuali,” katanya.

Undang-undang pemilihan kepala daerah UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 71 Ayat 3 yang mengatakan ‘’dilarang menggunakan kewenangan, program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon baik didaerah sendiri maupun didaerah lain dalam waktu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih ‘’.

Menurut Pattimahu, lebih jauh dikatakan. hadirnya foto ini tentu mengganggu komitmen bersama untuk menjaga suasana kondusif pilkada dan mempertahankan nilai nilai demokrasi.

“Perlu disadari bahwa Peran dan pengaruh kepala daerah dalam hal ini yang dilakukan Gubernur Maluku sangat kuat ditengah masyarakat,” pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed