by

Politik Identitas Masih Dominasi Pilkada Bursel

AMBON,MRNews.com,- Segmentasi pemilih atau politik identitas masih ditemukan cukup dominan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Buru Selatan sebesar 52,07 persen.

Hal itu ditemukan dalam survey yang dilakukan lembaga survey media riset strategi Bedah Nusantara November 2020 yang dirilis, Jumat (4/12/20).

Direktur media riset strategi Bedah Nusantara Steve Palyama mengaku, tingginya politik identitas sebagai alasan utama masyarakat menentukan pilihan di Pilkada Bursel karena kesamaan suku dan jazirah dengan 31,44 persen. Hal serupa juga terjadi ditiga Kabupaten lainnya yang menggelar Pilkada di Maluku yaitu MBD, SBT dan Aru.

Disusul kemudian kesamaan agama 20,63 persen serta kinerja, prestasi dan rekam jejak 17,41 persen, kesamaan ideologi politik 15,99 persen.

Dikatakan, pihaknya juga mencatat money politik masih rawan terjadi di Pilkada Bursel. Namun 66,47 persen masyarakat/responden tidak membenarkan hal itu. Sebaliknya yang bisa membenarkan adanya politik uang 26,11 persen.

“Dalam survey yang kami lakukan November 2020 dengan 700 sampel dan memakai metode multi stage random sampling, ditemukan 38,04 persen responden menilai Pilkada Bursel rawan manipulasi/kecurangan dan 52,17 persen tidak rawan. Demikian pula 35,14 persen mengaku rawan konflik dan 56,40 persen tidak rawan,” jelas Palyama di Pacific Hotel.

Soal siapa berpeluang menang pada 9 Desember mendatang, dia mengaku, pihaknya memprediksi Paslon Bupati-Wabup Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB) nomor urut 1 unggul 31,95 persen, berselisih tipis dengan Paslon nomor urut 2 Abdurahman Soulissa-Eliza Lesnussa (MANIS) 30,89 persen dan SMS GES (Safitri Malik Soulissa-Gerson Selsily) 27,38 persen.

Penyebaran kemenangan AJAIB sebutnya, pada kecamatan Waesama, Ambalau dan Kapala Madan. Untuk MANIS di kecamatan Leksula dan Fena Fafan, sedangkan SMS GES hanya di kecamatan Namrole. Persentase itu, bila Pilkada hari ini atau besok. Namun bisa berubah seiring waktu tersisa.

“Mengingat undecided voters cukup besar 9,78 persen dan margin eror 5 persen, maka kemungkinan perubahan posisi sangat dinamis terjadi dihari H Pilkada. Tingkat kepercayaan survey kami 95 persen. AJAIB dan MANIS bersaing ketat, sedangkan SMSGES berharap soliditas partai,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed