by

Polda & Kemenag Maluku Kerjasama Penyuluh Agama Kamtibmas

AMBON,MRNews.com,- Polda Maluku dan kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Maluku sepakat menjalin kerjasama terkait pemberdayaan penyuluh agama Kamtibmas.

Kesepakatan itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di aula Command Center Polda Maluku, Kamis (27/8) yang diteken Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis.

Kepala Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis, berterimakasih kepada Kapolda sebagai penggagas utama dibentuknya penyuluh agama Kamtibmas melibatkan penyuluh semua agama dan jadi yang pertama kali di Indonesia.

“Terbentuknya penyuluh Kamtibmas agama saat ini eksistensinya sebagai kerangka fikir untuk membangun kerukunan umat beragama,” tandas Jamaludin.

Sementara Kapolda Maluku mengaku, penyuluh ini layaknya seperti obor penerang dikegelapan. Kalau kebenaran ada maka teranglah disekelilingnya.

“Saya bangga kepada para penyuluh ini, karena mereka sebenarnya berkorban memberikan kebaikan kepada masyarkat. MoU ini hanya akan menjadi surat tidak berarti bila kita semua tidak berniat mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari,” kata Kapolda.

Lanjut kata Jenderal Bintang Dua, aspek keamanan akan aman kalau ada iman, kalau tidak ada iman, amannya semu. Iman datangnya dari agama, maka penyuluh agama akan menciptakan aman ini kalau iman masyarakat bisa meningkat.

“Apabila tempat ibadahnya makmur maka Insya Allah daerahnya menjadi makmur,” tandas mantan Kapolda Sulbar.

Kapolda pun mengajak harus menjadi tauladan/contoh yang baik, menjadi penuntun, selalu belajar dan menjadi pemersatu.

“Program dudu bacarita Kamtibmas didaerahnya masing-masing dapat mengadakan juga. Terkait Covid-19, sebagai penyuluh agama kita harus mengingatkan kepada masyarakat bahwa tidak boleh anggap enteng,” tutup Kapolda.

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, pejabat utama Polda Maluku tokoh-tokoh agama dan perwakilan penyuluh agama dari masing masing agama turut ikuti penandatanganan MoU. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed