PkM UKIM Ambon Gelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi

AMBON,MRNews,com,-  Tim Program Pengembangan kepada Masyarakat (PkM) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon, T.Marlein Tamtelahitu,S.Kom, M.Kom dan J.Alberth Makatita,SE,M.SI mengimplementasikan pemanfaataan teknologi informasi kepada Jemaat GPM Lilibooi yang digelar beberapa waktu lalu di Gereja Ebenhazer  selama Dua hari.

Pengembangan Iptek bagi masyarakat melalui pelatihan aplikasi sistem informasi bertujuan agar dapat menunjang administrasi  manajemen gereja dalam penginventarisasi pengolahan data jemaat yang sejalan dengan tujuan pengabdian yang dibiayai Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UKIM Ambon .

Pelatihan yang dilakukan di jemaat Lilibooi sekaligus menjawab persoalan terkait penataan administrasi gereja yang masih banyak melakukan penyimpanan arsip data jemaat dalam bentuk hardcopy yang sangat  beresiko jika kertas menjadi lusuh, rusak dan tidak terbaca pada saat diperlukan serta membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencarian suatu informasi data jemaat.

Pengolahan data menurut Tamtelahitu masih terbatas pada penggunaan MS-Excel yang belum terintegrasi secara sistem sehingga bila pihak gereja membutuhkan suatu informasi jemaat maka pihak gereja akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.

“Melihat situasi ini, kami berinisiatif untuk mendekati jemaat Lilibooi karena selama ini jika ada perubahan data jemaat maka perlu dikerjakan satu persatu dengan memeriksa setiap file yang ada. Karena itu setelah kami melakukan  diskusi dengan pendeta jemaat  dan wakil ketua majelis jemaat maka kami menggelar pelatihan bagi Empat orang peserta “ ujar Tamtelahitu saat dikonfiormasi.

Dijelaskan,  pelatihan yang dilakukan dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan menggunakan teknologi sistem  informasi terkait cara menambah, memperbaharui data jemaat yang dinamis sesuai kebutuhan mitra secara cepat dan tepat .

“Kita berharap pelatihan ini memberikan manfaat bagi jemaat mitra, sehingga permasalahan terkait dengan pengarsipan  dan pengolahan data jemaat bisa terjawab. Tentunya pendampingan dan evaluasi secara bertahap terus kami lakukan agar memberikan hasil maksimal” ujar  J.Alberth Makatita,SE,M.SI.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Jemaat Lilibooi, Otniel A Lekatompessy mengakui kegiatan yang digelar PkM UKIM Ambon membantu menyelesaikan permasalahan jemaat terutama dalam penataan administrasi manajemen gereja .

“Selama ini masalah kami adalah sangat lamban dalam mencari sesuatu data bahkan ada data yang kami butuhkan tapi sudah tidak lagi bisa ditemukan. Dengan teknologi informasi yang dilatih oleh tim PkM UKIM Ambon maka kami bisa merekap, memperbaharui data dan membuat laporan  dengan cepat  aman serta aman “ demikian Lekatompessy. (MR-01)

 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *