by

PKM Fekon UKIM Sasar KUD Amahusu

AMBON,MRNews.com,- Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melalui tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyasar ibu-ibu kelompok usaha desa (KUD) Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Tim PKM Fekon UKIM itu dikoordinir Micrets Silaya, dengan tiga anggota masing-masing Suryanti Ismail, B.A Talakua dan Marisa Silooy.

Kepada media ini lewat seluler, Micrets mengaku, pengabdian masyarakat yang dilakukan pihaknya kepada kelompok usaha Desa Amahusu khususnya melalui sosialisasi peningkatan daya saing produk kue tradisional berbahan dasar sagu di Desa Amahusu Kecamatan Nusaniwe, dengan materi manajemen keuangan dan pembukuan sederhana serta meningkatkan nilai kemasan sebagai suatu strategi pemasaran barang dan jasa.

“Kegiatan dalam bentuk sosialisasi kuliah tamu itu terlaksana pada 11 September lalu di ruang serbaguna Sektor Sion Jemaat Amahusu (Pondok Sion). Sebab penting karena permasalahan yang kita temukan adalah kelompok usaha belum menerapkan manajemen usaha sistem pencatatan keuangan atau pembukuan secara baik, serta kelompok mitra belum melakukan promosi dan pemasaran produk secara baik,” ujar Silaya, Jumat (8/11/19).

Harapannya melalui kegiatan tersebut, diakui Micrets, selanjutnya kelompok usaha tersebut mengetahui, memahami dan terampil dalam penerapan strategi usaha, penyusunan anggaran, laporan keuangan, promosi maupun pemasaran produk. Sehingga hasil yang ditargetkan bisa tercapai secara lebih baik.

“Kontribusi mendasar untuk sasaran tentu lewat kegiatan pelatihan dan pendampingan pada kelompok usaha bunga cengkeh, peningkatan daya saing produk, peningkatan pengetahuan, pemamahan dan ketrampilan anggota kelompok. Caranya melalui penerapan strategi usaha, penyusunan anggaran, laporan keuangan, promosi dan pemasaran produk,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed