by

PKL Bakal Direlokasi Sementara ke Taman Victoria?

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah kota (Pemkot) Ambon berencana merelokasi sementara pedagang kaki lima (PKL) pasar Mardika ke taman Victoria yang lahannya masih kosong pasca nantinya revitalisasi mulai dilakukan.

Solusi itu ditempuh usai mediasi dilakukan di ruang kerja Walikota, ketika PKL dan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Cabang Ambon kembali berdemo di Balaikota Ambon, Senin (7/6).

Akan tetapi, koordinasi harus dilakukan Pemkot bersama pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku. Sebab Taman Victoria yang berada tepat didepan pelabuhan Enrico itu merupakan lahan milik Pemprov, bukan Pemkot.

“Nanti kita akan cari solusi terbaik, agar mereka bisa beraktivitas. Terkait Taman Victoria, itu kan milik Pemprov, jadi kita harus koordinasi dulu dengan Pemprov,” tandas Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada awak media di Marina Hotel, Senin.

Pada prinsipnya kata Louhenapessy, semua keluhan yang disampaikan PKL melalui aksi demo tersebut dapat dimaklumi bahwa intinya mereka menolak dipindahkan.

“Ini masalah perut, jadi kita pahamilah. Tapi yang harus diketahui, PKL mendukung penuh revitalisasi, tinggal bagaimana kita cari solusi saja untuk relokasi,” terang politisi Golkar itu.

Sebelumnya, IMM dan puluhan PKL melakukan aksi unjuk rasa didepan Balaikota sekitar pukul 11.00 WIT. Sempat terjadi saling tarik pagar antara petugas Pol-PP dengan masa aksi yang ingin menerobos masuk dipelataran Balaikota.

Dalam demonstrasi itu, PKL menolak kebijakan Pemkot terhadap relokasi dari Pasar Mardika ke Pasar Transit Passo. Sebab, dinilai merugikan perputaran ekonomi para PKL.

Pasalnya jarak Pasar Transit Passo dengan pusat kota terbilang jauh. Sehingga ditakutkan barang jualan PKL busuk karena tidak ada warga dari kota yang datang berbelanja.

“Kami tidak mau dipindahkan ke pasar sementara di transit Passo. Masa katong dari Desa bajual di Kota, tapi disuruh balik lagi bajual di Desa,” papar seorang PKL Azhar Ohorella.

Ketua IMM Ambon Hamja Loilatu mengaku, hasil mediasi, Pemkot akan berkoordinasi dengan Pemprov untuk PKL bisa tempati lahan kosong di taman Victoria agar berjualan, sembari menunggu revitalisasi pasar Mardika selesai.

“Namun jika janji itu tidak terealisasi, maka PKL akan berjualan di gedung Balaikota,” tandasnya usai mediasi dengan Walikota dan jajaran. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed