by

PKB Maluku akan Rekomendasikan Murad Ismail & Pdt Elifas Maspaitella Sebagai Cagub- Cawagub Maluku

                                                                  AMBON,MRNews.com.- Direncanakan Pertengahan Mei 2022,DPW PKB Maluku akan melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) di Swiss-Bell Hotel Ambon.

Mukerwil PKB Maluku akan dihadiri 11 DPC PKB se-Maluku, yang mana nantinya DPW PKB Maluku akan mengevaluasi pelaksanaan Renstra 2021 dan menetapkan Rencana Strategi (Renstra) 2022.

Selain itu, Mukerwil juga akan merekomendasikan pokok-pokok pikiran kepada Pemerintah Daerah Maluku yaitu terkait persatuan Maluku, pembangunan ekonomi dan program pengentasan kemiskinan serta pilot proyek strategis nasional untuk Maluku.

Fahrudin Hayoto, Sekretaris DPW PKB Maluku menyatakan, menyambut tahun politik 2024 dalam hal ini Pileg dan Pilkada 2024, bahwa rekrutmen dini calon legislatif telah dilakukan baik untuk DPRD Provinsi maupun Kab/kota.

“Insya Allah tahun ini rampung,” tandas Hayoto didampingi Ketua DPW PKB Basri Damis kepada wartawan di Ambon, Rabu (27/4).

Sedangkan menyambut Pilkada Gubernur 2024, dalam Mukerwil, DPW PKB Maluku nanti akan merekomendasikan calon Gubernur (Cagub) dan calon Wakil Gubernur (Cawagub) Maluku yakni H. Murad Ismail posisi Cagub dan Pendeta Elifas T Maspaitella selaku Cawagub.

“Rekomendasi untuk kedua figur ini karena Murad Ismail adalah pemimpin ideal saat ini untuk Maluku dan perlu diberi ruang melanjutkan kemimpinan periode kedua. Sedangkan Pendeta Elifas Maspaitella adalah tokoh agama yang juga Ketua Sinode GPM, dianggap layak untuk mendampingi Murad di periode kedua,” terangnya.

Kedua dua tokoh ini juga akuinya, untuk menghindari polarisasi kewilayahan, karena Maluku sangat luas dan terdiri dari ribuan pulau; sehingga dikotomi wilayah tidak perlu terjadi dalam perlehatan Pilkada Gubernur nanti.

“Kedua tokoh ini kombinasi ideal dan mampu menjadi simbol persaudaraan sejati di Maluku. Intinya keduanya sangat cocok untuk menjawab semua tantangan Maluku kedepan yang semakin kompleks dan kompetitif,” kata Hayoto.

Menurut Hayoto, selain rekomendasi untuk Pilkada Gubernur, Mukerwil juga akan memproyeksikan kader internal dan eksternal untuk direkomendasi sebagai Calon Bupati dalam Pilkada Kabupaten/Kota Se-Maluku.

Untuk Pilkada Maluku Tengah 2024, PKB Maluku menyiapkan 4 kader terbaik sebagai Calon Bupati yakni Habiba Pellu, Ruslan Hurasan, Mohamad Sukri Wailissa dan M. Rani Tualeka.

Di Pilkada Buru yakni Ketua DPC PKB Buru yang juga anggota DPRD Maluku, Ikram Umasugi.

Pada Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) ada Mustafa Nasir sebagai Calon Bupati, di Kabupaten Kepulauan Aru, PKB bakal usung Ketua Dewan Syuro DPC PKB Aru Timotius Kaidel.

Kemudian di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Mukerwil akan rekomendasikan Benjamin Noach sebagai Calon Bupati.

Sementara Pilkada Kota Tual, Mukerwil akan rekomdasikan Usman Tamnge dan Mumin Refra dan Pilkada Kabupaten Buru Selatan yakni Safitri Malik Soulissa.

“Khusus di Pilkada Kota Ambon, PKB akan menjagokan 4 figur yakni Prof Dr M. J Sapteno (Rektor Unpatti), Marthen Maspaitella, Agus Ririmasse dan kader internal, M.Asmin Matdoan,” bebernya.

Ditempat yang sama, Basri Damis Ketua DPW PKB Maluku mengaku, infrastruktur partainya telah siap menghadapi tahun politik 2024.

Dimana 118 DPAC Kecamatan PKB se-Maluku telah menyelesaikan Musancab dan struktur kepengurusan tingkat DPAC Kecamatan sudah rampung termasuk Renstra tahun 2022 yang akan dibahas pada Mukerwil nanti.

“Kita optimis struktur pengurus Ranting di tingkat 1235 Desa/Kelurahan akan rampung. PKB Maluku telah siap memenangkan Gus Muhaimin untuk Presiden 2024 dan siap menangkan Pileg dan Pilkada baik Gubernur maupun Pilkada Kabupaten/Kota Se-Maluku. PKB Maluku telah siap hadapi tahun politik 2024,” tutur Basri. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed