Pimpinan DPRD Dorong Pansus Tuntaskan Ranperda Secepatnya

AMBON,MRNews.com,- Pimpinan DPRD Kota Ambon mendorong panitia khusus (Pansus) rancangan peraturan daerah (Ranperda) agar bisa fokus membahas dan menuntaskan penyelesaian Ranperda secepatnya, tanpa menafikan tugas DPRD lainnya termasuk konsolidasi Pileg 17 April mendatang. Terakhir, ada delapan Ranperda masuk ke DPRD dan telah studi banding oleh Pansus, pembahasan dan sinkronisasi hasil studi banding antara Pansus dan OPD pengusul serta satu Ranperda telah diuji publik.

Pasalnya, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengaku tanggungjawab menyelesaikan Ranperda itu juga adalah amanah yang diberikan masyarakat dan pemerintah dalam menjawab kebutuhan kekinian, sehingga harus tetap menjadi prioritas dituntaskan, terutama Ranperda yang mendesak dan urgen. Supaya juga tidak menjadi beban bagi anggota DPRD di periodisasi ini, bila tak tuntas.

“Yang jelas kita mendorong sejumlah Ranperda yang sementara dibahas Pansus bisa selesai secepatnya. Karena itu tugas yang diberi ke kita. Ini juga amanah. Saya kira, teman-teman juga paham apa yang harus mereka lakukan agar Ranperda yang sementara dinantikan pemerintah dan masyarakat bisa diselesaikan dengan baik dan tepat. Terutama Ranperda yang jadi kebutuhan mendesak. Intinya itu. Prinsipnya kita terus mendorong selesai secepatnya, biar tidak jadi beban di periodisasi ini,” ungkap Latupono kepada media di Balai Rakyat Belakang Soya, Sabtu (6/4/19).

Dari hasil laporan yang didapat, kata politisi Gerindra itu, rata-rata semua Pansus sudah bekerja dengan maksimal. Tinggal nanti minggu depan bisa melihat progresnya apakah pekerjaan Pansus sudah selesai dan diuji publik atau belum. Sebab kalau sudah diuji publik, otomatis Ranperda dianggap selesai karena tinggal finalisasi dan perampungan.

“Ranperda tentang reklame oleh pansus II sudah, yang lain pasti juga sudah dan akan segera. Tinggal nanti maksimal waktu beberapa hari jelang Pemilu. Kita juga tidak bisa paksakan, masing-masing dengan kesadaran sendiri. Khan DPRD punya agenda sudah bicarakan di Bamus, tinggal sekarang Pansus kerja selesaikan Ranperda. Soal hasil pemilu itu lain. Siapa terpilih dan tidak, bukan urusan kita. Terpenting, tanggungjawab selesaikan Perda kita laksanakan sebaik mungkin. Tapi dengan komposisi saat ini, beta yakin banyak anggota DPRD kembali terpilih lagi,” tukas sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon itu. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *