by

Pilkades Serentak Siap Digelar, Walikota Ingatkan Jangan Ada Kepentingan Subjektif

AMBON,MRNews.com,- Seluruh mekanisme menuju Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 8 Desa dan 1 Negeri di Kota Ambon 7 April 2022 telah maksimal dilakukan panitia Pilkades tingkat kota maupun Desa/Negeri.

Oleh sebab itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama-sama Forkopimda Kota Ambon baik ketua DPRD, Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Kasdim 1504/Ambon, Kajari Ambon dan Ketua PN Ambon urung rembuk satukan tekad untuk mensukseskan Pilkades serentak tersebut.

“Kalau saya ikuti betul suasana kebatinan yang ada, ini mereka (penyelenggara-red) sudah sangat siap lakukan Pilkades serentak nantinya,” tandas Walikota usai pertemuan di Pasifik Hotel Ambon, Selasa (5/4).

Selain Forkopimda dan panitia Pilkades kata Louhenapessy, hadir pula Calkades dan Raja, serta tim sukses (Tisu). Tujuannya agar mereka diarahkan bahwa kompetisi yang terjadi itu sifatnya teknis. Karena yang paling utama siapa yang akan terpilih.

“Tadi juga saya sudah tegaskan, tidak boleh ada dusta diantara kita. Semua kita berkompetisi, dia bermuara pada kepentingan rakyat dan masyarakat di Desa dan Negeri,” terang Louhenapessy.

Bahkan dari aspek pengamanan Pilkades serentak sendiri nantinya, sambung politisi Golkar itu, Kapolresta telah siap supporting untuk pengamanan. Demikian pula akan ada back up dari Kodim 1504/Ambon, serta DPRD memberi dukungan politik.

“Penegak hukum lain seperti Ketua PN Ambon berharap sedapat mungkin kita menghindari terjadinya sengketa hasil Pilkades. Itu yang harus kita laksanakan, maka pendekatan musyawarah mufakat lah untuk itu,” ingatnya.

Demi suksesnya Pilkades serentak, Louhenapessy mengingatakan para pejabat Negeri dan Desa maupun panitia agar tetap independen, berlaku jujur dan tidak boleh ada kepentingan subjektivitas Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam proses itu.

“Semuanya harus berlangsung demokratis, dengan merekam seluruh aspirasi masyarakat. Dari 8 Desa dan 1 Negeri, hanya ada 1 Desa yang kirim surat masuk ke saya. Tapi setelah dikonfirmasi, nggak. Ini sudah sangat subjektif. Lainnya seluruh itu tidak ada keberatan apapun juga dari masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, 8 Desa dan 1 Negeri yang siap gelar Pilkades serentak pada 7 April nanti ialah Desa Latta, Nania, Negeri Lama, Waiheru, Hunuth-Durian Patah, Poka, Galala, Wayame serta Negeri Hative Kecil. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed