by

Pilkada di Maluku Kondusif, Berkat Kerjasama Semua Pihak

AMBON,MRNews.com,- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember diempat Kabupaten di Provinsi Maluku yakni Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD), Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan (Bursel) yang kini masuki pleno tingkat PPK berlangsung aman dan kondusif.

Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri mengaku, kesuksesan jalannya Pilkada itu berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, baik pemerintah, aparat keamanan, penyelenggara dan pengawas Pemilu, pasangan calon hingga masyarakat.

“Empat kabupaten itu saya sudah kunjungi. Kita memang sudah melakukan hal-hal optimal bersama pemerintah daerah, semua pasangan calon, penyelenggara dan pengawas Pemilu serta semua lapisan masyarakat. Kita juga sudah maksimal bersama TNI dan semua unsur pengamanan sebagai mitra kita dilapangan,” tandasnya.

Karena kerja optimal dan kebersamaan itu, akui Kapolda, memang hasilnya sampai saat ini tidak ada hal-hal atau riak-riak, semua bisa berjalan sangat baik. Termasuk karena memberlakukan protokol kesehatan juga dengan sangat baik.

“Termasuk kalau kita lihat juga, bagaimana partisipasi masyarakat dalam Pilkada diempat Kabupaten itu juga sangat baik,” beber Jenderal Polisi Bintang Dua itu usai bersilaturahmi dengan Gubernur Maluku di kantor Gubernur Maluku, Senin (14/12).

Mantan Kakorlantas Polri itu berharap apa yang sudah dilakukan bersama-sama tentu juga nanti akan memberikan gambaran terhadap bagaimana menyambut perayaan Natal dan tahun baru sehingga semua bisa berjalan lebih baik lagi dan Maluku bisa berkontribusi untuk nasional.

“Itu yang jadi harapan kita. Mudah-mudahan dengan dukungan teman-teman wartawan, semua kegiatan dan agenda kita dan semua dinamika masyarakat ini bisa kita lakukan pengamanan dengan sangat baik sehingga situasi yang kondusif jelang Natal dan tahun baru ini memberikan warna, bagaimana kita berkontribusi untuk negara ini,” kuncinya.

Sementara Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku, Pilkada diempat Kabupaten berjalan aman dan lancar, serta tingkat partisipasi masyarakat juga agak tinggi meski dimasa Pandemi Covid-19, rata-rata diatas 80 persen.

“Tadi kita juga sudah laporkan ke Menkopolhukam dan Mendagri bahwa Pilkada di Maluku aman dan kondusif. Maka apresiasi kepada jajaran Polri, TNI dan semua stakeholder termasuk masyarakat yang mampu ciptakan kondusifitas selama Pilkada,” demikian Murad. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed