by

Perubahan Pembangunan Pasar Mardika Dinilai Rasional

-Kota Ambon-120 views

AMBON,MRNews.com,- Revitalisasi pasar Mardika yang awalnya direncanakan dibangun lima lantai kini berubah menjadi empat lantai. Alasan perubahan pun dinilai Komisi III DPRD Kota Ambon rasional.

Anggota Komisi III DPRD Lucky Upulatu Nikijuluw mengaku, pengurangan bangunan pasar Mardika karena menurut Kadis PUPR Kota Ambon ada beberapa pertimbangan. Bahkan untuk sampai perubahan, terjadi perdebatan alot antara dinas PUPR, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian PUPR.

“Kementerian PUPR telah melibatkan banyak ahli struktur dan berbagai pertimbangan Ambon yang memang rawan gempa maka harus dikurangi lantainya. Karena kondisi itu bisa juga berakibat fatal. Hasil diskusi alot itu, akhirnya disepakati empat lantai. Kementerian katanya mau menjadi tiga lantai saja,” tandas Upulatu di DPRD, Rabu (30/9).

Komisi III kata dia, berharap pembangunan pasar Mardika memenuhi standar struktur bangunan yang memang juga bisa bertoleransi dengan kondisi rawan gempa di kota Ambon. Tetapi harus juga memenuhi syarat untuk bisa melokalisir para pedagang yang biasanya beroperasi di pasar Mardika.

“Alasan pengurangan sangat rasional karena kondisi Ambon yang rawan gempa biarlah itu diminimalisir secara baik sesuai pendapat ahli gempa, struktur untuk juga memberikan muatan positif bagi pembangunan pasar Mardika,” jelasnya.

Harapan itu kata dia, sebab pihaknya juga tidak mau jangan sampai pembangunan pasar sia-sia jika dibangun semakin tinggi. Pengurangan satu lantai, revitalisasi pasar minimal sebagian besar pedagang yang ada bisa terakomodir didalamnya.

“Yang ditakutkan dari segi struktur dan konstruksi itu bisa berbahaya bagi kepentingan masyarakat kota Ambon kedepan,” beber Sekretaris Fraksi PDIP.

Pembangunan pasar Mardika ini pun kata Upulatu harus diawasi ketat dinas PUPR. Bahkan komisi juga akan melakukan pengawasan supaya kedepan bangunan ini bisa dipakai dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pembangunan di kota Ambon.

“Informasi dari dinas PUPR, mereka juga akan berkomunikasi dan koordinasi dengan Disperindag terkait pengurangan lantai, apakah jumlah pedagang di Mardika nanti bisa terakomodir pasca revitalisasi,” tuturnya.

“Dinas harus lakukan konsolidasi, koordinasi lebih maksimal supaya daya muat pasar Mardika bisa merepresentasikan pasar tradisional yang bagi kami untuk pembangunan kota Ambon lebih baik kedepan,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed