by

Pertama Kali, Pemkot & DPRD Ambon Terima Award Nirwasita Tantra

AMBON,MRNews.com,- Untuk pertama kalinya, Kota Ambon mendapat dua award sekaligus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI berupa anugerah Green Leadership Nirwasita Tantra. Dua award itu diraih pemerintah kota (Pemkot) dan DPRD kota Ambon.

Dua trophy Nirwasita Tantra tersebut diserahkan Kasubdit basis data pusat data dan informasi KLHK RI Susi Oktalina kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Ketua DPRD Ely Toisuta di lapangan upacara Balikota Ambon, Rabu (23/12).

Saat penyerahan trophy, Susi katakan, pihaknya menerima 58 dokumen dari DLHP kabupaten/kota dan provinsi yang jadi tahap awal penilaian, kemudian analisis dokumen dengan melihat kausalitas atau hubungan antara analisis disana yaitu DPSIR, serta terakhir wawancara yang diikuti kepala daerah dan pimpinan DPRD.

“Anugerah ini sudah kita berikan sejak 2016. Untuk DPRD baru di 2018. Di 2019, Kota Ambon berhasil meraih oleh pemerintah dan DPRD. Kenapa DPRD juga, karena kita melihat adanya sinkronisasi antara DPRD dengan kepala daerah dalam tiga tupoksinya yaitu budgeting, monitoring dan legislasi. Semoga ini bukan pertama dan terakhir bagi Ambon,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, penghargaan Narwasita Tantra ini sangat istimewa karena menyangkut leadership dan pertama kali. Apalagi, tidak lazim terjadi karena Pemkot dan DPRD dapat apresiasi bersamaan dalam kategori sedang.

“Narwasita Tantra ini pertama kali didapat dan memacu diri kita agar tidak berpuas diri. Bukan saja Pemkot bersukacita tapi alam juga demikian karena melalui Menteri KLHK memberi apresiasi kepada kita atas komitmen terhadap upaya pelestarian lingkungan,” tandas Walikota.

Namun diakuinya, masalah klasik yang terjadi di kota Ambon memang adalah soal lingkungan. Alasannya karena alih fungsi lahan dirubah jadi pemukiman baru membuat krisis air bersih.

Selain itu, pembangunan pemukiman didaerah rawan bencana dan pesisir pantai yang biaya murah jadi faktor kedua.

“Ketiga itu sampah. Pengelolaan sampah jadi masalah serius. Saya sudah ketemu salah satu investor yang kedepan rencana akan kembali untuk jajaki pembuatan pabrik pengelolaan sampah. Semuanya harus simultan dilakukan,” terang Louhenapessy.

Ketua DPRD kota Ambon Ely Toisuta mengaku, ini award pertama yang didapat sejak dirinya memimpin lembaga terhormat di Belakang Soya, apalagi bersama Pemkot. Diharapkan, penghargaan Nirwasita Tantra bukan jadi yang terakhir tapi akan ada apresiasi lainnya dari berbagai pihak.

“Award ini membuat kami semangat untuk terus perjuangkan kepentingan masyarakat lewat jalinan kemitraan dengan Pemkot demi kemajuan kota dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas politisi Golkar itu.

Selain trophy Nirwasita Tantra, Kota Ambon juga mendapat bantuan 15 ribu masker dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor bekerjasama dengan Aice, yang diperuntukkan bagi pemuka agama dan umat, elemen pemuda dan masyarakat khusus. Bantuan diserahkan pengurus GP Ansor Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed