by

Pertama Kali, Gubernur Pimpin Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI

-Maluku-333 views

AMBON,MRNews.com,- Sejak terpilih dan dilantik bulan April 2019 lalu oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, untuk pertama kalinya Gubernur Maluku Murad Ismail bertindak selaku inspektur upacara (Irup) peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka, Ambon Sabtu (17/8/19).

Upacara dimulai pukul 10.00 WIT. Berlangsung khidmat dan lancar dan diikuti unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, mahasiswa dan pelajar di Kota Ambon. Teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Huwae.

Momentum bersejarah itu dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku diantaranya Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Ketua dan Anggota DPRD Maluku, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, Walikota Ambon Richard Louhenapessy beserta tamu undangan lainnya.

Dalam momentum tersebut, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Maluku berhasil memukau masyarakat dan para undangan yang hadir karena sukses mengibarkan Bendera Merah Putih. Dimana pembawa baki Bendera Merah Putih Pita Huwae merupakan siswi SMA Negeri Siwalima Ambon.

Gubernur pada kesempatan itu katakan, momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan setiap tahun hendaknya tidak dimaknai sebagai seremonial semata tetapi memiliki makna sangat dalam yang akan membangun kesadaran nasional seluruh anak bangsa terhadap sejarah perjuangan kemerdekaan yang akan semakin menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab aparatur sipil negara (ASN) yang profesional dan berintegritas dalam pelayanan publik kepada masyarakat.

“Perjuangan kita saat ini bukanlah perjuangan fisik melawan penjajah namun bagaimana kita berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya di Maluku. Upaya ini sejalan dengan komitmen kita lewat visi pembangunan Maluku 2019-2024 yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan, bahkan sejalan dengan tema peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019 yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju,” demikian Murad.

Sementara, upacara penurunan bendera merah putih di Lapangan Merdeka pada sore hari dipimpin oleh wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno selaku inspektur upacara. Upacara berlangsung khidmat dan lancar. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed