by

Persiapan Tuntas, Festival Qasidah Nasional Siap Digelar

AMBON,MRNews.com,- Persiapan penyelenggaraan pemilihan duta-duta Qasidah Indonesia melalui festival Qasidah Nasional di kota Ambon, Maluku telah tuntas dilakukan. Event seni rohani agama Islam itu pun siap digelar pada 25-29 November 2019 mendatang di tiga lokasi utama yakni lapangan upacara Tahapary Tantui, Islamic Center Waihaong dan Gedung Ashari Alfatah.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy katakan, meski Ambon masih terus dilanda gempabumi susulan dan masyarakat juga masih di pengungsian, tapi dengan kesiapan pemerintah kota (Pemkot) Ambon bersama panitia, dirinya sangat optimis festival seni Qasidah nasional akan berlangsung sukses dan lancar. Sebab festival tersebut, akan lebih berorientasi pada doa untuk Ambon dari Indonesia melalui pujian yang dinaikkan seluruh kontingen.

“Maka tanggal 24 November kita akan awali dengan doa dan dzikir bersama dengan seluruh kontingen untuk Indonesia di lapangan upacara Tahapary. Lalu tanggal 25 kita laksanakan acara pembukaan. Penyelenggaraan di tiga tempat yakni lapangan Tahapary, Islamic Center dan Gedung Ashari,” ungkap Walikota kepada awak media di Baileo Rakyat Belakang Soya, Jumat (22/11/19).

Pihaknya kata Louhenapessy, sudah mengkofirmasi perihal pejabat negara yang akan membuka event nasional tersebut yang baru pertama kali digelar di kota Ambon yakni Menteri Agama Fachrul Razi nantinya akan hadir. Dilain sisi, Pemkot dan panitia juga masih menunggu kejelasan hadir tidaknya Presiden Joko Widodo. “Pa Menteri Agama yang sudah positif hadir,” singkatnya.

Tentang peserta, diakuinya, sampai dengan kemarin telah terkonfirmasi sebanyak 1026 peserta akan hadiri festival Qasidah nasional. Dipastikan akan bertambah pada dua hari terakhir nanti. Adapun kontingen pertama datang ke kota Ambon adalah Papua yang direncanakan tiba besok.

“Saya yakin hari ini akan bertambah lagi. Intinya, semua sudah Ok, siap jalan. Saya sudah pantau, baik akomodasi, tempat festival dan sudah rapat evaluasi. Besok kontingen pertama yang akan datang adalah Papua. Tapi seluruh kontingen akan datang di hari Minggu dan Senin. Kita sudah siap semua, tiap OPD bertanggungjawab terhadap tiap kontingen dan sebagai LO juga,” jelas politisi Golkar. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed