by

Persiapan Proposal Usulan Ambon PSBB Hampir Rampung

-Kota Ambon-262 views

AMBON,MRNews.com,- Persiapan proposal usulan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kota Ambon ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hampir rampung.

Karenanya, jika tak ada kendala, usai dievaluasi dan finalisasi Senin depan, proposal sudah bisa diajukan ke provinsi.

Itu bisa dipastikan usai Pemerintah Kota (Pemkot) dan Gugus Tugas (Gustu) Kota Ambon mendapat masukan dan saran atas rencana aksi kebijakan PSBB dari Gustu Pencegahan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku, baik Ketua Harian, Pangdam XVI/Pattimura dan Kapolda, Jumat (8/5).

Juru Bicara Gustu COVID-19 Kota Ambon Joy Adriaansz mengaku, pihaknya sudah presentasi rencana aksi kebijakan PSBB didepan Kapolda, Pangdam serta Ketua Harian Gustu Maluku. Dan sesuai penilaian Gustu Maluku, Gustu Ambon dianggap telah mempersiapkan tahapan-tahapan menuju ke PSBB.

Hanya saja diakui Joy, beberapa usul saran yang disampaikan terkait kesiapan jaring pengaman sosial (JPS) yang juga harus betul-betul dipersiapkan Pemkot dan Gustu.

Karena itu, nantinya Senin depan, Pemkot dan Gustu melakukan evaluasi dan selanjutnya akan persiapkan perbaikan proposal untuk diserahkan kepada Pemprov Maluku lewat Gustu.

“Kita berharap proposal pengajuan sudah disiapkan saat itu dan kita bisa ajukan kepada Gustu provinsi untuk selanjutnya diteruskan kepada Kemenkes. Prisipnya baik Ketua Harian, Kapolda maupun Pangdam, sudah setuju dengan langkah-langkah/rencana aksi yang akan dilakukan Pemkot Ambon berkaitan rencana kebijakan PSBB,” terang Joy di Balaikota Ambon.

Walau nantinya sudah mendapat persetujuan Kemenkes untuk PSBB, tapi menurut Joy, sesuai arahan provinsi mereka akan sesuaikan dengan kesiapan Pemkot baru diterapkan.

Termasuk mempersiapkan langkah-langkah sebijaksana dan arif mungkin untuk menangani pedagang di pasar Mardika.

“Jadi, kalau pun kita belum siap, mereka akan menunggu khususnya untuk JPS siap baru kita berlakukan PSBB. Ada daerah-daerah yang sudah melakukan seperti itu. Namun yang penting prinsipnya sudah mendapat persetujuan Kemenkes. Hal-hal itu yang kita akan persiapkan hari senin rapat teknis evaluasi,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Harian Gustu COVID-19 Maluku Kasrul Selang akui, rencana aksi kebijakan PSBB Kota Ambon sudah sangat baik. Baik dari kajian epidemologi, persiapan kebutuhan dasar masyarakat, rencana operasionalnya semua sudah dipaparkan dan kesiapannya.

“Kalau sudah ada hari ini proposalnya, katong langsung proses. Katong tinggal tunggu pengajuan resmi dari Pemkot dan Gustu Ambon. Memang ada perbaikan sedikit. Kalau sudah ada, lapor Gubernur dan diteken pengajuan dan bisa dibawa ke Kemenkes segera,” tukas Kasrul. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed