by

Perketat Posko PPKM, Orang Baru Wajib Dipantau

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah kota (Pemkot) Ambon dan Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kota Ambon meminta Kecamatan, Desa/Negeri dan Kelurahan agar memperketat posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang sudah difungsikan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A.G Latuheru katakan, seluruh Camat akan rapat dengan Walikota untuk mengintruksikan kepada seluruh kepala desa(Kades), Lurah dan Raja agar memperkuat posko PPKM terutama dari masuk keluarnya orang baru.

Sebab menurutnya, warga yang dari luar dan masuk kawasan yang memiliki posko PPKM, tim Satgas Kelurahan, Desa/Negeri wajib memantau secara sungguh-sungguh dan rutin melaporkan ke pejabat diatasnya.

“Setiap masyarakat yang datang dari luar kota maupun masuk, dia harus dipantau betul dari RT atau RW setempat untuk kita bisa dapatkan data yang valid,” terang Latuheru kepada awak media di Balaikota, Senin (28/6).

Menurut Syarif, pantauan tersebut untuk seluruh warga dari luar kota. Tak hanya warga RT setempat tapi juga orang baru yang ingin berkunjung, harus dengan keperluan jelas.

Bahkan meskipun mereka sudah mempunyai bukti kalau sudah dirapid antigen. Tetapi harus selalu dipantau.

“Walau sudah rapid antigen atau PCR, tetapi kita harus benar-benar pastikan mereka yang dari luar kota tidak membawa masuk virus ke keluarga atau orang disekitar, sehingga tidak memunculkan kasus baru dan agar bisa sama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Terpisah, Camat Sirimau Kota Ambon Aulia Waliulu mengaku, di Kelurahan, Desa atau Negeri yang ada kecamatan Sirimau, sudah mendirikan posko PPKM dan tim Satgas akan bertugas sesuai instruksi Pemkot untuk pengetatan dilakukan bagi warga yang keluar masuk.

“Kami harap masyarakat bisa ikuti arahan pemerintah taat pada protokol kesehatan, pakai masker dua lapis, jaga jarak, cuci tangan dan jauhi kerumunan. Agar menekan penyebaran Covid-19. Sebab di kecamatan Sirimau, tingkat konfirmasi positif sangat tinggi,” tutup mantan Sekdis Satpol PP itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed