by

Penuhi Dua Syarat, Anak Ambon Usia 6-11 Tahun Siap Divaksin

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon telah memenuhi dua (2) persyaratan yang ditetapkan pemerintah pusat (Pempus) untuk melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun yang rencananya pada Januari 2022 mendatang, yaitu target vaksinasi umum dan Lansia.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy katakan, untuk di Provinsi Maluku, hanya Kota Ambon yang dipastikan bisa memvaksin anak usia 6-11 tahun. Sedangkan Kabupaten/Kota lainnya belum penuhi syarat.

“Yang penuhi persyaratan untuk vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun cuma Kota Ambon, ” ungkap Louhenapessy di Ambon, Kamis (30/12).

Dijelaskan, indikator pertama yang dipakai untuk memenuhi persyaratan vaksin usia 6-11 tahun adalah pencapaian vaksinasi di Ambon mencapai 91 persen. Begitu juga vaksinasi Lansia sudah lebih 60 persen.

“Kenapa sampai bisa, karena indikator pertama yang dipakai itu, Ambon sudah mencapai lebih dari 91 persen. Kedua, vaksin Lansia sudah lebih dari 60 persen, ” kata Walikota dua periode itu.

Menurutnya, indikator tersebut sesuai petunjuk Pemerintah Pusat. “Ini indikator yang dipakai oleh Kementerian. Makanya sudah bisa vaksin usia 6-11 tahun di Kota Ambon,” terang Louhenapessy.

Louhenapessy mengaku, Pemerintah Pusat sudah setuju Ambon melaksanakan vaksinasi kepada usia 6-11 tahun. “Ambon sudah penuhi persyaratan, hingga Pemerintah Pusat setuju itu,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Louhenapessy, Januari 2022 mendatang, pihaknya akan mulai melakukan vaksinasi untuk usia 6-11 tahun. “Nanti Januari kita laksanakan itu, ” ucap Mantan Anggota DPRD Maluku ini.

Ditambahkan, sebelum melaksanakan vaksinasi terhadap usia 6-11 tahun, pihaknya terlebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tepatnya, untuk orang tua yang ingin anaknya divaksin.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengaku, Kota Ambon belum dapat melaksanakan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun.

Alasannya, Provinsi Maluku belum capai vaksinasi yakni 70 persen. Sebab sesuai petunjuk Kementerian Kesehatan RI, total vaksinasi harus disesuaikan dengan Provinsi bukan Pemerintah kota/kabupaten.

“Kita menunggu surat edaran dari kementerian karena yang dilakukan sekarang kan masih sudah 12 provinsi yang vaksinasi itu sudah 70 persen dosis pertama lansia. Provinsi Maluku kan masih ada di 51 persen belum 70 persen,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed