by

Pentahelix Dilibatkan Susun Roadmap Ambon Kota Musik Dunia

-Kota Ambon-81 views

AMBON,MRNews.com,- Peta jalan atau road map untuk mendukung implementasi UNESCO City of Music atau Ambon Kota Musik Dunia mulai disusun yang melibatkan unsur Pentahelix yaitu swasta, akademisi, pemerintah, media dan komunitas/masyarakat selaku kekuatan pendukung.

Penyusunan road map itu kolaborasi Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf) melalui Direktorat Kelembagaan Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan bersama, Dinas Pariwisata dan Ambon Music Office (AMO) di Manise Hotel, Senin (9/11).

Kepala Sub Direktorat Regional III Direktorat Kelembagaan Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Sulaiman katakan, kegiatan penyusunan road map ini merupakan dukungan Kemenparekraf dalam rangka mengisi Ambon sebagai kota musik dunia.

“Tentunya tidak sampai disini sebab tahun depan juga akan berlanjut. Ini lebih terkait usulan dari daerah sehingga pusat bisa membantu. Sebab tidak bisa inisiatif dari pusat saja tapi bersama dan saling membantu,” jelasnya.

Selaku kota musik dunia Kemenparekraf kata dia berharap bisa berdampak tingginya kunjungan wisatawan mancanegara terutama seniman/musisi sehingga Ambon tambah menarik sebagai destinasi pariwisata dan membuat perekonomian bergairah, melalui gelaran event-event.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Rico Hayat mengakui sejak Ambon ditetapkan sebagai kota musik dunia oleh UNESCO, roadmapnya secara otomatis harus disusun dalam rangka mengantisipasi kelembagaan yang ada.

“Roadmap ini penting sekali, kita harus kumpul untuk merumuskan berbagai hal untuk pengembangan musik kita kedepan. Sehingga butuh masukan dari unsur pentahelix,” tutur Hayat.

Menurutnya harus ada kolaborasi Pentahelix untuk mencari solusi dalam mendukung Ambon sebagai kota musik. Diskusi dan kesamaan perlu dibangun agar kemudian bisa melengkapi berbagai kekurangan yang ada dalam mendukung Ambon Kota Musik.

“Ini jadi tanggungjawab unsur pentahelix. Ini program pemerintah dalam menjaring kota kreatif di Indonesia, salah satunya Kota Ambon khususnya Kemenparkraf guna mendukung Ambon sebagai kota musik dunia,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed