by

Penilaian SAKIP Jadi Perhatian Pemkot Wujudkan Good Governance

-Kota Ambon-158 views

AMBON,MRNews.com,- Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi kinerja daerah untuk pencapaian visi, misi, dan sasaran daerah, tetap menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mewujudkan pemerintahan yang baik atau Good Governance.

“Kedepan, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil untuk Kota Ambon lebih baik lagi, akan terus dilakukan,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy usai menerima penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019 dari KemenPAN-RB di Ballroom Tentrem Hotel Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Perbaikan yang dimaksud, kata Louhenapessy, bukan hanya sekedar untuk memperoleh predikat yang lebih baik, tapi bagaimana Pemkot Ambon melakukan kinerja secara efektif dan efisien untuk pencapaian visi, misi, dan sasaran daerah serta meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan berorientasi pada hasil dan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Penilaian akuntabilitasi kinerja tahun 2019 oleh KemenPAN-RB itu jadi motivasi dan pemacu bagi Pemkot Ambon untuk terus menunjukkan kinerja yang baik dengan peningkatan pemerintahan dan berorientasi hasil,” tukasnya.

Diketahui, penghargaan Akuntabilitas Kinerja tahun 2019 merupakan ketiga kalinya diterima Kota Ambon. Penghargaan diserahkan Menpan RB Tjahjo Kumolo yang diterima Louhenapessy.

Didapatnya penghargaan itu berdasarkan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019 yang dilakukan Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)

Komponen-komponen yang dinilai dalam evaluasi kinerja SAKIP antara lain, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal serta capaian kinerja. (MR-02/MCAmbon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed