by

Penanganan Aduan Masyarakat Jadi Prioritas Polri

AMBON,MRNews.com,- Penanganan setiap aduan masyarakat (Dumas) yang masuk menjadi atensi dan prioritas Polri dibawah kepemimpian Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Sebagaimana kita ketahui, program prioritas Polri pada kegiatan 1 adalah penanganan pengaduan masyarakat terhadap personil Polri,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri melalui Irwasda Maluku Kombes Pol Raden Heru Prakoso.

Karena itulah, dilakukan kegiatan monitoring, evaluasi dan asistensi program prioritas Polri tersebut terhadap personil Polri di wilayah hukum Polda Maluku di Aula Darma, Mapolda Maluku, Rabu (8/9/2021).

Monitoring, evaluasi dan asistensi ini dihadiri empat orang tim dari Itwasum Polri yang diketuai Kombes Pol Likik Arga Tjahjana bersama AKBP Ida Ayu Kade Someyani, Ipda Kristy dan Penda M. Muksinin.

Menurutnya, Dumas adalah bentuk penerapan dari pengawasan yang disampaikan oleh masyarakat, instansi pemerintah atau pihak lain kepada Polri berupa sumbangan pikiran, saran,  gagasan, atau keluhan/pengaduan masyarakat terhadap polri.

“Pelayanan Dumas juga menerima laporan terkait penyimpangan perilaku dan penyalahgunaan wewenang yang melangggar disiplin dan kode etik profesi polri, sehingga mengakibatkan kerugian masyarakat/negara dalam menyelenggarakan tugas dan wewenang negara sebagai anggota Polri,” ujar Heru saat membuka kegiatan.

Karena itu, kata Kapolda, perlu menjadi perhatian Polri dalam hal ini satuan fungsi penerima pengaduan masyarakat maupun fungsi pengawasan internal terhadap penanganan Dumas.

Maka untuk meningkatkan pelayanan Polda Maluku dan jajaran bagi masyarakat, Kapolda menaruh harapan besar bahwa diperlukan pelayanan pengaduan masyarakat oleh Polri.

“Saran, masukan, sumbangsih pemikiran dapat menambah pengetahuan sekaligus memberikan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja anggota Polri sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan menegakan hukum,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed