by

Pemkot Gelar Bimtek Siskum dan launching JDIH

AMBON, MRnews.com-pemerintah kota Ambon, melalui Bagian Hukum pemerintah kota Ambon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi sistem informasi hukum (Siskum) bagi Aparatur dilingkungan pemerintah Kota Ambon dan launching Jaringan dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), yang digelar di Marina Hotel Ambon (6/03).

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Kasubdit Digitalisasi Dokumen Hukum, dari badan pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, Diden Priya Utama, Programer dari PT. Pilar Cipta Solusi Integratika, Jogjakarta, Ali Sumitro dengan materinya Pengintegrasian Website jaringan dokumentasi dan informasi hukum, dan sistem aplikasi jaringan dokumentasi dan informasi hukum.

Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Sekretariat kota Ambon, Mien Tupamahu menyatakan, Jaringan dokumentasi dan informasi adalah suatu sistem pendayahgunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan. serta sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat,dan akurat. guna penyebarluasan produk hukum kota Ambon, turut mengembangkan jaringan dokumentasi dan informasi peraturan perundang-undangan yang berbasis internet sesuai dengan tuntutan keterbukaan informasi publik, sesuai amanat UU nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Dijelaskan,dalam era reformasi, upaya perwujudan sistem hukum nasional, yang dilakukan melalui pembaharuan materi hukum, struktur hukum, budaya hukum yang tidak terlepas dari sejarah pembangunan hukum masa lalu.

Dokumentasi lanjutnya, menjadi sangat urgen unutk dibahas pengelolaannya yang dilembagakan dalam jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional.(MR-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed