by

Pemkot Disarankan Bekerjasama Dengan Engeldot Water Belanda

AMBON,MRNews.com,- Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta sarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon agar bisa membangun kerjasama dengan Engeldot Water Internasional, perusahaan asal Belanda yang bergerak dibidang penyediaan air bersih. Sebab komunikasi kearah itu sudah pernah dilakukan ketika Pemkot dan DPRD ke Belanda dan melihat dari dekat perusahaan itu tahun 2018.

“Harus ada sikap tegas yang diambil Pemkot terkait ketersediaan air bersih. Misalnya bangun kerjasama dengan perusahaan Engeldot Water. Sampai kini mungkin secara teknis mekanismenya belum jalan. Tapi katong mesti pressure Pemkot supaya bisa cepat direalisasikan karena itu kebutuhan,” tukas Ely saat ditemui awak media di Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (24/2).

Hal itu menurutnya, mesti dijajaki dan dimaksimalkan sebagai solusi jangka panjang atasi masalah kekurangan air bersih yang terjadi beberapa waktu ini di kota Ambon. Pasalnya, pengeboran oleh PDAM disejumlah titik untuk mencari sumber air, hanya dua titik yang ditemukan.

“Dengan membangun kerjasama, tim dari Engeldot Water bisa datang ke Ambon untuk melihat lebih dekat debit air dan kualitas bahkan berkunjung ke tempat penampungan air (recervoir) yang ada di Halong dan Wainitu. Jika ada masalah, solusi diambil segera karena Engeldot Water salah satu perusahaan penyediaan air bersih yang cukup punya nama,” beber Ely.

Apalagi, seingatnya ketika berkunjung ke perusahaan itu, ada alat khusus yang besarnya tidak lebih dari satu kontainer dengan tujuh feet, yang kalau diletakan disatu tempat secara lengkap, bisa layani sekitar 6 ribu rumah. Tentu sangat membantu bila ada di Ambon. Terbukti, dibeberapa kota di Indonesia yang punya struktur wilayah hampir sama dengan kota Ambon.

“Beta tidak tahu sampai hari ini masalahnya dimana. Padahal waktu itu lewat komisi katong sudah memberi dukungan ke Pemkot supaya lebih cepat ada kerjasama dengan perusahaan Engeldot Water lewat pemerintah Belanda guna memenuhi kebutuhan air bersih kota Ambon. Itu juga bagian realisasi program sister city Ambon-Belanda,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed