by

Pemkot Ambon Komitmen Kembalikan Aset Negara Bila Pensiun/Mutasi

AMBON,MRNews.com,- Guna meningkatkan ketertiban terhadap aset milik negara, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berkomitmen untuk mengembalikan aset negara bergerak dan tidak bergerak bila pada waktunya telah pensiun atau mutasi.

Hal itu ditunjukkan dengan melakukan penandatanganan kesepakatan atau janji antara Pemkot Ambon dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Balaikota Kota Ambon, Jumat (19/3/21).

“Saya selaku Walikota bersama Wakil Walikota, Sekkot, dan Asisten II telah mendandatangani pakta integritas sebagai komitmen kita dengan KPK,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Dalam pakta integritas terkait pengembalian aset negara oleh Pemkot bersama KPK, maka ASN Pemkot Ambon sebutnya, wajib mengembalikan aset negara bergerak maupun tidak bergerak jika sudah lewat purnabakti atau ketika dimutasikan ke OPD lain.

“Penandatangaan kesepakatan atau janji itu sebagai komitmen Pemkot serta integritas bekerja. Aset negara yang dimaksud seperti mobil dan sepeda motor,” beber Louhenapessy.

Kesepakatan bersama KPK itu nanti akan diikuti pegawai Pemkot lain yang selesai masa tugas. Artinya, aset yang dititipkan selama masa tugas, tidak dapat lagi dibawa pulang. Aset-aset itu harus dikembalikan ke negara dan akan berada dalam pemantauan khusus KPK.

“Yang sudah selesai itu harus dibawa pulang, KPK awasi. Adakalanya pejabat mutasi, kendaraan mutasi lagi. Ini sama sekali tidak diperbolehkan,” tegasnya.

Kesepakatan bersama KPK ini, lanjutnya, merupakan bukti keseriusan Pemkot untuk menjaga aset serta meningkatkan integritas pejabat negara. Apalagi pasca pakta integritas ini, semua pergerakkan dan aturan diawasi KPK.

“Kecuali aset dimaksud masuk dalam syarat pemutihan. Pejabat bersangkutan dibolehkan mengajukan kepemilikan jika sudah penuhi syarat pemutihan aset. Kalau kendaraan lewat waktu pemutihan, silahkan saja, sesuai aturan. Bilang bayar ya bayar silahkan,” kunci politisi Golkar itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed