Pemkot Ambon Agendakan Pasar Murah di Dua Lokasi

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon Pieter Leuwol  menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengagendakan kegiatan pasar murah pekan depan di dua lokasi, tepatnya di kawasan Pohon Mangga, Air Salobar Kecamatan Nusaniwe pada tanggal 28-30 Mei dan di Dusun Kate-kate, desa Hunuth-Durian Patah, Kecamatan Teluk Ambon, pada 31-02 Juni 2018.

“Pemkot Ambon, akan menggelar pasar murah Ramadhan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah di dua lokasi tersebut. Pasar murah dilakukan untuk membantu masyarakat ekonomi lemah, membeli kebutuhan pokok dengan harga dibawah standar distributor saat Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Leuwol kepada media di ruang kerjanya, Rabu (23/5/2018).

Pihaknya kata Leuwol, telah berkoordinasi dengan lima distributor di Kota Ambon dan Perum Bulog Maluku untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bahkan, sebagian distributor telah menyatakan kesediaannya berpartisipasi dan menjual aneka kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur, terigu, minyak goreng dan kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

“Kebutuhan pokok yang disiapkan di pasar murah diantaranya gula pasir, tepung terigu, telur ayam, margarin, susu kaleng, minyak goreng dan beras. Harga yang ditawarkan terdapat selisih Rp 1.000- Rp 5.000. Selain itu kami juga didukung pihak swalayan yang menjual aneka minuman dan kue kering sebagai bentuk persiapan menjelang hari raya,” papar Leuwol.

Ia menjelaskan, pasar murah Ramadhan menyediakan harga subsidi bekerjasama dengan distributor dan anggaran subsidi itu telah dialokasikan. Karenanya, kebutuhan pokok masyarakat yang bakal dijual nanti tanpa kupon. Sehingga diharapkan semua masyarakat bisa datang membeli sesuai apa yang dibutuhkan karena harga terjangkau.

“Subsidi disiapkan agar harga jual di pasar murah Ramadhan lebih murah dibandingkan pasar tradisional sehingga masyarakat dapat menjangkau. Makanya, kita minta dan harapkan masyarakat bisa manfaatkan secara optimal kesempatan pasar murah ini dengan baik, guna membeli kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri. Karena waktunya sangat singkat,” demikian Leuwol. (MR-05)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *