by

Pembangunan Stadion Sepakbola di Ambon Butuh Lahan 5 Hektar

AMBON,MRNews.com,- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah-Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Ambon Enrico Matitaputty menjelaskan, pembangunan stadion sepakbola di Kota Ambon membutuhkan lahan sebesar kurang lebih 5 hektar.

Sementara, Ambon city of Music center membutuhkan lahan 2,5 hektar, yang nantinya berisikan sekolah, kantor AMO, ruang pertunjukan, museum musik dan sebagainya.

“Katong memang upayakan untuk dua venue itu, baik stadion sepakbola maupun Ambon city of Music center bisa ada kedepan,” tandas Matitaputty kepada awak media di Ambon, Selasa (18/1).

Kebutuhan lahan sebesar itu untuk pembangunan stadion sepakbola kata dia, karena didalamnya seusai perencanaan, tidak hanya stadion tapi juga berisi asrama bagi atlit dan ruang publik untuk masyarakat berolahraga diluar stadion.

“Ini sementara katong cari lahannya. Ada beberapa alternatif ingin katong lihat di Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon, mudah-mudahan ada supaya aksesnya juga mudah, dekat dengan Jembatan Merah Putih (JMP) dan sebagainya, katong lagi jajaki,” akuinya.

Dalam perencanaan kedepan menurutnya, kedua venue ini bakal dibangun berdekatan, sebab untungnya di parkiran yang hanya satu kawasan, tidak lagi ada tambahan bagi lahan parkir.

“Berhubungan juga itu musik dan olahraga, bisa jadi satu parkiran saja. Itu rencananya,” jelasnya.

Namun untuk merealisasikan rencana itu kata Matitaputty, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon saat ini tidak memiliki lahan yang seluas itu. Maka diperlukan pengadaan lahan dan anggaran yang tidak kecil.

“Pa Walikota sementara lakukan lobi dengan pemerintah pusat soal itu. Katong berharap goal dan keduanya bisa dibangun sama-sama dengan APBN. Entah kapan, tapi harapannya begitu. Kita sudah siapkan pra desainnya, kalau sudah ada lampu hijau dari pusat baru jalan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, beberapa waktu lalu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama Wakil Walikota dan Sekretaris Kota mendatangi langsung Menpora Zainudin Amali untuk meminta dibangunnya stadion sepakbola yang representatif di Kota Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed