by

Pembangunan Infrastruktur & Penurunan Angka Stunting Jadi Program Prioritas 2022

AMBON,MRNews.com,- Pembangunan infrastruktur, penurunan angka stunting dan penurunan angka kemiskinan di Kota Ambon jadi tiga program prioritas Kota Ambon tahun 2022.

Tiga program prioritas itu telah dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) provinsi Maluku melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) provinsi Maluku beberapa waktu lalu, disamping program-program lainnya yang tidak kalah penting.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah-Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Ambon Enrico Matitaputty mengaku, walaupun anggaran pemerintah kota (Pemkot) terbatas, namun pembangunan infrastruktur di Kota Ambon seperti jalan tetap jadi prioritas.

“Kalau kota Ambon 2022, pembangunan infrastruktur tetap katong prioritaskan walau dengan keterbatasan anggaran tetapi yang namanya jalan-jalan, akses tetap jadi prioritas,” tandas Enrico kepada awak media di Balaikota Ambon, Rabu (28/4).

Hal itu diakui Enrico, sejalan dengan pentingnya pembangunan pasar Mardika yang tetap jadi konseren utama bagi Pemkot Ambon sampai saat ini. Dimana prosesnya sudah sampai pada tingkat lelang management konstruksi (MK).

Nantinya setelah selesai pelelangan MK, direncanakan akhir Juni 2021 mendatang akan dilanjutkan dengan lelang fisik.

“Kemarin beta baru koordinasi dengan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI bahwa jadwal lelang fisik itu jalan jadwalnya Juni 2021. Itu penyelenggaraannya multiyears sampai 2022 atau 2023. Itu yang paling prioritas,” tegas mantan Kadis PUPR Kota Ambon.

Beberapa program lain selain pembangunan infrastruktur, tambah Enrico, preferensi stunting harus diturunkan, demikian pula penurunan angka kemiskinan. Sebab hal-hal itu sudah menjadi komitmen bersama terutama masalah stunting.

“Kasus stunting di Kota Ambon masih relatif tinggi, sekitar enam ribuan kasus. Dan ini harus kita tekan agar preferensinya turun. Ini sudah menjadi komitmen bersama kita di Pemkot Ambon,” beber Enrico.

Sementara terkait implementasi Ambon city of music sambung Enrico, sudah pasti Pemkot akan tindaklanjuti. Terkait pertemuan Walikota Ambon Richard Louhenapessy dengan Menteri Parekraf RI beberapa waktu lalu tentang event-event internasional yang akan dilakukan di kota Ambon dalam waktu dekat. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed