by

Pemasangan CCTV di JMP Terkendala Ijin

AMBON,MRNews.com,- Rencana pemasangan sejumlah CCTV dikawasan Jembatan Merah Putih (JMP) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terkendala ijin.

Hal itu diakui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ambon Joy Adriansz kepada awak media di Ambon, Kamis (20/5).

Diketahui, CCTV di JMP saat ini sangat dibutuhkan untuk memantau apalagi diwaktu malam. Mengingat tindakan kriminalisasi kerap terjadi di ikon kota Ambon itu.

“Kita tidak diberi ijin. Dengan pertimbangan jika Pemkot ingin pasang CCTV, harus ada ijin dari pemerintah pusat. Ini pendekatan terakhir antara Pemkot bersama Polda Maluku dengan BPJN,” tandas Joy.

Padahal BPJN Maluku awalnya kata dia, sangat siap memfasilitasi Pemkot Ambon agar terkoneksi dengan empat (4) buah CCTV di JMP. Namun hasil akhirnya tidak seperti itu. Pemkot hanya diberikan kewenangan untuk diberikan rekaman CCTV.

“Kami dengan Polda Maluku juga kesulitan. Karena hasil rapat terakhir kami dengan Balai Jalan, sampai pendatanganan surat kesepakatan, ternyata kita hanya diijinkan untuk menerima rekaman. Itupun jika kami membutuhkan,” sesalnya.

Karena ini menyangkut keselamatan masyarakat Kota Ambon, Joy menegaskan, Pemkot akan secara langsung menyurat ke pemerintah pusat.

“Kita akan surati pemerintah pusat terkait permasalahan yang dihasilkan masyarakat diatas JMP sebab mengganggu kenyamanan warga oleh orang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Terhadap kondisi ini, bagi masyarakat yang melintas diatas JMP terutama malam hari, Joy menghimbau agar lebih hati-hati. Sebab, Pemkot belum dapat memonitoring secara langsung apa yang terjadi, dan siapa pelaku yang menimbulkan keresahan disana.

“Kami tidak diberikan akses pasang CCTV. Maka kami tidak bisa bicara terkait banyaknya kasus kekerasan diatas JMP. Baiknya tanya persoalan kriminalitas yang terjadi ke Balai Jalan, karena mereka bertanggungjawab dan punya 4 CCTV di JMP,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed