by

Pelayanan Optimal Bila Didukung Kapasitas Aparatur Memadai

-Kota Ambon-346 views

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, pelayanan dapat berjalan dengan optimal bila didukung dengan kapasitas aparatur yang memadai. Karena iu, peningkatan kapasitas aparatur memerlukan kriteria standar kompetensi yang diakui secara global.

Untuk dapat mencapainya kata dia, diperlukan strategi yang berdampak positif dari sisi pengembangan karier aparatur pada berbagai aspek dan komponen yang mempengaruhi pengembangan sumber daya manusia. Keberhasilan lewat kinerja aparatur dapat meningkatkan keberhasilan setiap organisasi perangkat daerah dalam mendukung visi misi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Pelayanan publik dalam era globalisasi saat ini memerlukan respon cepat dari lembaga-lembaga penyedia pelayanan publik. Organisasi pemerintah yang tanggap akan selalu berupaya meningkatkan pelayanannya mengikuti perkembangan zaman terutama teknologi dan informasi,” ujarnya saat membuka forum koordinasi kepegawaian lingkup Pemkot Ambon di Marina Hotel, Kamis (27/2).

Penerapan strategi lanjutnya memerlukan komitmen dan konsistensi yang berkelanjutan dalam setiap tahapan pengembangan karir aparatur, sehingga aparatur akan merasa nyaman dengan pembinaan dan pengembangan karir yang jelas, diberdayakan dan sejahtera.

Mendukung hal itu, kata dia, perlu dilakukan analisis dan pengukuran kinerja pegawai dan informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja dalam mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang dibebankan. Juga perlu diterapkannya penyimpanan administratif kepegawaian secara digital.

“Pemkot Ambon sangat menaruh perhatian pada upaya peningkatan kapasitas ASN tiap OPD agar kedepan ditemukan ASN yang memiliki jiwa kepemimpinan handal, berwibawa dan berdedikasi. Pemkot akan terus memberikan motivasi bagi semua ASN untuk meningkatkan pelayanan publik, optimalisasi kerja, disiplin tinggi serta memiliki pemikiran strategis dan inovatif dalam mewujudkan visi misi Pemkot Ambon,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed