by

Pelatihan Jukir di Ambon Berjalan Tahun Depan

AMBON,MRNews.com,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon bakal melakukan pelatihan bagi juru parkir (Jukir) di tahun depan, 2022. Karena itu

Hal ini lantaran tujuan utama pelaksanaan pelatihan ini guna melatih jukir agar lebih berkompeten dalam tugas dan tanggung jawab mereka dalam melayani warga kota ini.

“Bagaimana Jukir itu dilatih agar mereka juga akan bekerja dengan terampil sehingga kesejahteraan mereka juga bisa rasakan. Itu tanggungjawab pemerintah,” tandas Kadishub Kota Ambon Robby Sapulette kepada media ini via seluler, Rabu (6/10).

Robby menegaskan, pelatihan bagi Jukir merupakan kebutuhan sehingga, pihaknya tetap akan mengusulkan jalan ditahun depan. Sebab yang seharusnya tahun ini, harus tertunda karena persoalan anggaran.

“Platihan jukir ini tetap berjalan dan tentu hasilnya akan berimplikasi pada kemampuan, serta kesejahteraan para jukir,” tegasnya.

Dirinya mengaku, pengusulan anggaran sebesar Rp 90 juta yang diperuntukkan bagi pelatihan Jukirbdi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) perubahan telah dihilangkan.

“Setelah saya pelajari APBD perubahan, ternyata itu (pelatihan Jukir-red) sudah dihilangkan,” ungkap Sapulette.

Oleh sebab itu, pelatihan tertunda di tahun depan karena baru akan diusulkan masuk APBD 2022. Sebab untuk pelatihan jelas butuh anggaran.

Alasan pihaknya mengambil alih dalam melatih jukir tambah Sapulette, dikarenakan jukir bukan merupakan tanggungjawab pihak pengelola melainkan tanggung jawab Pemkot.

“Jukir tidak melekat pada pengelola. Pengelola bisa saja terganti tergantung tender. Tetapi jukir ini merupakan tenaga kerja dibidang perpakiran yang mesti kita (pemerintah-red) siapkan dia,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed