by

Pelantikan Dihadiri Bupati-Wabup, GSKI MBD Diharapkan Berkontribusi & Bersinergi

AMBON,MRNews.com,- Setelah Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Tenggara-Kota Tual, kali ini Gerakan Siswa Kristen Indonesia hadir di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan dilantiknya pengurus cabang periode 2021-2023 di Kota Tiakur, Ibukota MBD, Sabtu (17/7).

Pelantikan itu terasa spesial karena dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily secara virtual, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Maluku-Perwakilan MBD & Kepala SMA/SMK Se-Kota Tiakur-MBD.

DPC GSKI MBD dikomandoi Frangky Kyartutu, Ignatius Salira dan Susan Rumahlewang sebagai ketua, sekretaris dan bendahara.

Usai melantik pengurus DPC GSKI MBD, Ketua DPD GSKI Maluku Hengky Ricardo Pelata memberikan pesan bahwa pemaknaan kehadiran GSKI adalah untuk menjadi saksi Kristus dalam menghadirkan Syaloom Allah ditengah-tengah Gereja, sekolah & masyarakat.

“Fungsi pembinaan dari pengurus GSKI kepada para pelajar di Bumi Kalwedo harus dilakukan secara serius demi menciptakan profil kader pelajar yang Oikumenis & Nasionalis,” pesan ketua fraksi Hanura DPRD provinsi Maluku itu.

Sementara, Bupati Noach menyambut baik kehadiran pengurus DPC GSKI MBD, yang diharapkan dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan di MBD khususnya menjadi motor penggerak pendidikan di Bumi Kalwedo, sejalan dengan moto Hardiknas tahun 2021 “Serentak bergerak wujudkan merdeka belajar”.

“GSKI harus mengambil peran untuk mengedukasi anak muda MBD agar terbebas dari narkoba, seks bebas, judi dan masalah sosial lainnya. Sebab kehadiran GSKI diharapkan membawa dampak dan semangat baru bagi kemajuan MBD terutama dalam bidang pendidikan dan spiritualitas siswa Kristen,” harapnya usai pelantikan.

Pemda MBD sebut Noach, siap bekerjasama dan memfasilitasi program kegiatan GSKI dalam kepentingan mewujudkan siswa Kristen yang berkarakter dan beriman kepada Tuhan serta unggul dibidang pendidikan. Tentu dengan bersinergi bersama Pemda dan semua pimpinan gereja serta stakeholder lainnya.

Ketua Klasis GPM Lemola Pendeta Timisela meminta pengurus menjadikan organisasi GSKI sebagai wadah pembinaan karakter, etik, moral dan spiritualitas siswa Kristen di MBD. Untuk maksud itu, pihaknya mendukung dan siap bekerjasama dengan GSKI MBD.

“Dalam perannya, GSKI MBD diharapkan melahirkan kader bernilai humanis. Menjadi dapur untuk mendorong siswa Kristen dalam pencerdasan guna menuju pendidikan tinggi, baik secara intelektual maupun spiritual. Serta mendorong perubahan dimasyarakat, bermitra dengan stakeholder dan pemerintah dalam hal apapun,” pintanya.

Sebelumnya, Ketua DPC GSKI MBD Frangky Kyartutu menegaskan, GSKI akan terus memposisikan diri dan mampu menganalisis setiap perubahan keterlibatan sosial serta masalah pendidikan. Karena GSKI hadir sebagai motor penggerak pendidikan di Kabupaten MBD.

Oleh karenanya kepengurusan ini akan lebih memfokuskan pada impelementasi pola dasar sistem pendidikan kader GSKI sehingga mampu menghasilkan kader yang memiliki Spritualitas tinggi, Integritas tinggi, dan profesionalitas tinggi.

“GSKI tidak dapat berjalan sendiri. Perlu bersinergi dengan pemerintah, DPRD, institusi gereja dan tokoh-tokoh Kristen untuk tidak abai dan menutup mata, mendampingi dan memberdayakan generasi muda pada setiap segi yang berwawasan kebangsaan kemanusiaan, dan keadilan,” pungkasnya.

Disela-sela pelantikan, ketua DPD GSKI Maluku membagikan tropy dan piagam penghargaan kepada siswa SMA Negeri 13 MBD Beatrix Suikenu sebagai favorit 2 dan Serly Kaneti juara harapan II lomba pidato online tingkat SMA/SMK se-Maluku memperingati hari lahir Pancasila yang diselenggarakan DPD GSKI Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed