by

Pekan Depan, Dipastikan PSBB Transisi Lanjut Jilid III

-Kota Ambon-166 views

AMBON,MRNews.com,- Dipastikan pekan depan, pemerintah kota (Pemkot) Ambon akan kembali terapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi jilid III selama 14 hari mulai 17 Agustus. Hal itu ungkap langsung Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

“Per 9 Agustus, skors kita turun 1,07 padahal sempat 1,08. Artinya bukan kita tidak bekerja. Tapi ini belum ada secara sinergik kita mengupayakan itu terutama disektor partisipasi masyarakat. Karena itu dapat dipastikan bahwa kita akan lanjutkan PSBB transisi jilid III,” tandas Walikota di kawasan hotel Tirta Kencana-Amahusu.

PSBB transisi tahap III akan berjalan diakuinya, dengan peningkatan pengawasan paling tidak pada tiga sektor yakni pasar, tempat usaha (rumah kopi, rumah makan, cafe dan restoran) serta perkantoran. Tiga cluster ini menjadi target di dua minggu kedepan.

Untuk teknis peningkatan pengawasan lanjut Walikota, TNI dan Polri sudah rencanakan lakukan bakti sosial di pasar. Juga Rapid atau Swab massal bagi para pedagang lagi.
Jika nanti ada kedapatan positif, langkah-langkah pengamanan akan diambil lagi.

Sementara bagi restoran, warung kopi dan sejenisnya, akan diperketat lagi dengan tetap memberlakukan 50 persen kapasitas pengunjung dan dimungkinkan take away. Bila pemilik usaha itu lalai, peringatan diberikan dan langkah berikut jika melanggar lagi maka akan ditutup usahanya.

“Menurut saya harus kita ambil tindakan tegas supaya kita juga memproteksi masyarakat secara baik. Di perkantoran juga sama. Hari Senin saya akan surati semua kantor baik swasta maupun pemerintah untuk aktifitasnya hanya 50 persen secara bergantian, sistem sift dan protap kesehatan tetap dijalankan,” bebernya, Kamis (13/8).

Selain itu, mulai minggu depan tambah Louhenapessy, Pemkot Ambon akan melaksanakan sosialisasi melibatkan seluruh unsur dari kantor-kantor dan wajib diikuti. Sebab diharapkan mereka menjadi agen untuk memberikan informasi kepada seluruh pegawai yang ada ditempat kerja masing-masing.

Pasalnya jika semakin banyak orang tahu bahaya Covid-19 secara akademis dan aspek kesehatan dengan benar, maka diakuinya akan membantu orang untuk bertindak secara mandiri dan sesuai aturan sehingga Ambon bisa kembali keluar dari zona merah menuju orange.

“Itu langkah-langkah yang akan kita tempuh dua minggu kedepannya. Diharapkan semua langkah itu didukung seluruh elemen terkait termasuk masyarakat dan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 bisa terwujud. Maka kalau bisa saya katakan, dipastikan itu PSBB transisi tahap III akan kita lanjutkan,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed