by

Pegawai Dishub & PRKP Swab Tes, 10 Nakes Dikerahkan

-Kota Ambon-158 views

AMBON, MRNews.com, – Pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon hari ini, Selasa (11/8) mulai jalani pengambilan Tes Swab / PCR.

Kedua OPD merupakan yang pertama dari 10 OPD yang akan menjalani Tes Swab dalam dua minggu kedepan. 10 tenaga kesehatan (Nakes) dari dinas kesehatan (Dinkes) kota Ambon pun dikerahkan untuk mengambil spesimen Swab bagi 10 OPD yang khusus bersentuhan langsung dengan pelayanan publik dalam dua minggu.

“Jadi kegiatan kita hari ini mulai melakukan Swab pada 10 OPD khususnya OPD-OPD yang melakukan pelayanan publik. Karena OPD-OPD seperti ini rentan atau potensial beresiko tertular COVID-19 karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak. Hari ini kita mulai dengan Dishub dan PRKP, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ambon pengambilan Swab di lantai II Balaikota, Selasa (11/8).

Menurut Talle, sesuai jadwal yang dibuat, pengambilan Swab dilakukan dua minggu dari sekarang. Usai Dishub dan PRKP, besok akan membaca bagian umum dan perlengkapan serta DPMPTSP kemudian seterusnya secara bergiliran. Bagi yang OPD
kantornya di Balaikota tetap Swab di Balaikota, kalau diluar kantor.

“Jadi nanti kita mobile untuk jadwal seperti di Satpol PP, dinas LHP dan Disdukcapil.
Kalau Dishub memang kita fokus pada petugas yang mengatur di lapangan. Kalau hari ini semua tidak ada, besok lanjut.
Targetnya ASN / petugas yang bersama dengan masyarakat yang melakukan pelayanan publik. Memang itu sesuai masukan yang diberikan tiap OPD, “jelasnya.

Untuk tenaga kesehatan, kata dia, rata-rata yang mengambil Swab sekitar 10 orang sekali turun. Ada tenaga yang khusus untuk melakukan pengambilan spesimen itu tenaga analis dan tenaga-tenaga perawat untuk pendataan, pengisian formulir.

“Jadi ada 10 OPD, minggu pertama di sekitar 6 OPD, nanti minggu kedua 4 OPD. Ada 1 hari yang gabung dua OPD, 1 hari yang 1 OPD. Sebab targetnya dalam bulan ini tuntas,” tukasnya.

Soal hasil tes Swab kapan keluar, tergantung dia, tergantung BTKLPP Ambon yang spesimen tes, bukan dinas. “Jadi nanti dari spesimen yang sudah diambil kita kirim ke Dinkes provinsi, dan diteruskan ke BTKL-PP Ambon untuk pemeriksaan. Untuk bisa didapat hasil Swab, tergantung BTKLPP. Kita hanya menerima hasil Swab,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed