by

Peduli Budaya, Mahasiswa KKN-PPM Angkatan XLVIII, UKIM Ajarkan Tarian

-Pendidikan-482 views

AMBON,MRNews.com.- Guna melestarikan budaya di lingkungan masyarakat Negeri Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah maka Mahasiswa KKN-PPM Angkatan XLVIII semester genap tahun ajaran 2019/2020, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melakukan pelatihan beberapa tarian agar dikuasai remaja dan pemuda.

Tim KKN- PPM yang terdiri dari: Esmeralda Picaulima, Margaretha Seilatu, Marcia F. Maruanaya, Inda C. Keliduan, Onalin. E. Habibuw, Novita Manuputty, Gerlof B.Titalessy, Febrin. R. Elly, Corneles Waileruny dan Ricardo Yacob serta dukungan instruktur : Trientje Marlein Tamtelahitu, S.Kom, M.Kom dan Lisse Pattipeiluhu, S.Pd, M.Pd, memperhatikan perlunya diajarkan beberapa jenis tarian yang biasanya dilakukan setiap penyambutan tamu, pelantikan raja, pelantikan saniri, kegiatan panas pela dan lain-lain.
Menurut Sekretaris Negeri, Irene Marlisa bahwa ketidaktahuan remaja dan pemuda akan seni tari dikarenakan tidak adanya sanggar kesenian. Karena itu, disambut baik oleh tim KKN- PPM dengan memilih beberapa jenis tarian yang diajarkan yakni: tarian kolaborasi Cakalele dan tari Orlapei, tari Maku-Maku, tari Sahureka-Reka, serta Teaterikal Puisi tentang alam.
Instruktur tim KKN-PPM, Trientje Marlein Tamtelahitu, S.Kom, M.Kom,kepada mimbarrakyatnews mengatakan jika teater merupakan segala sesuatu yang dipertunjukan di atas panggung. Ditegaskan, teater modern merupakan sebuah bentuk pementasan yang didalamnya sangat memperhitungkan gerak melalui gesture tubuh dan mimik yang tidak mudah diekspresikan. Teater modern yang diperankan oleh anak-anak negeri Hatu disebut teaterikal puisi

“ Kita perlu mengajari anak-anak yang adalah generasi penerus bangsa terutama kepedulian terhadap budaya. Usai berlatih, maka telah dipraktekan melalui acara penarikan mahasiswa KKN PPM di depan  kantor pemerintah Negeri Hatu” ujar Tamtelahitu.

Tim KKN-PPM berharap apa yang telah diberikan dapat menjadi ilmu yang bisa dibagi dan dinikmati secara bersama. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed