by

PDP 4, ODP 96, Tiga Daerah Masih Nihil

-Kesehatan-804 views

AMBON,MRNews.com,- Sampai dengan Rabu (25/3/2020), perkembangan kasus orang dalam pemantauan (ODP) atau kategori berada diluar rumah sakit dan pasien dalam pengawasan (PDP) atau berada didalam rumah sakit di provinsi Maluku, terus mengalami peningkatan.

Tercatat, PDP kini naik menjadi 4, dari sebelumnya 3. Yakni Maluku Tengah 1 orang dan kota Ambon 3 orang. Sedangkan ODP telah mencapai 96 orang. Terbagi habis pada 8 kabupaten/kota di Maluku. Kasus terkonfirmasi coronavirus disease (Covid-19) masih 1 di kota Ambon.

Diantaranya terbanyak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) 26 ODP, Kota Ambon 23 ODP, Seram Bagian Barat (SBB) 16 ODP, Buru 14 ODP, Maluku Tengah 6 ODP, Kepulauan Aru 6 ODP, Kota Tual 4 ODP dan Seram Bagian Timur 1 ODP.

Sedangkan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Buru Selatan (Bursel) dan Maluku Tenggara (Malra) masih nihil ODP maupun PDP. Sementara pasien 01 Covid-19 kondisinya berangsur membaik.

“Perkembangan hari ini sampai jam 12 siang, memang peningkatkan. Untuk ODP sekarang 96 dan PDP 4 orang, plus kasus konfirmasi covid-19 1 orang jadi totalnya 101. Kondisi pasien 01 berangsur membaik,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku dr Meykhal Pontoh kepada media ini via WhatsApp, Rabu (25/3/2020).

Penetapan ODP kata Pontoh, dilihat ada peningkatan. Berarti hal yang perlu dikhawatirkan karena ini menunjukkan Puskesmas bekerja maksimal sehingga dapat menjaring orang-orang datang dari luar daerah, yang memang berasal dari daerah terpapar covid-19.

“Harapan kita kasus positif corona di Maluku tidak ada lagi, cukup satu orang itu saja. Maka masyarakat tetap dihimbau jalankan anjuran pemerintah untuk social distance, tinggal dirumah kecuali hal penting baru keluar dan utamakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) minimal rutin cuci tangan dengan sabun maka penyebaran Covid-19 bisa terhenti,” ajaknya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed