by

PB AMGPM, HMI & LDII Diajak Duduk Bacarita Kamtibmas

AMBON,MRNews.com,- Tiga perwakilan elemen masyarakat yakni pengurus besar angkatan muda Gereja Protestan Maluku (PB AMGPM), ketua HMI cabang Ambon Burhanudin Rumbow dan perwakilan lembaga dakwah Islam Indonesia (LDII) Maluku diajak duduk bacarita Kamtibmas dan memberi masukan.

Selain ketiga organisasi itu, ada pula Camat Baguala, Tamrin perwakilan dari Maluku Tengah. Bacarita Kamtibmas yang digagas Polda Maluku dilakukan melalui aplikasi zoom dipimpin Plt Karo ops Polda Maluku Kombes Antonius Wantri Yuliyanto, Minggu (2/8).

Berbagai masukan dan saran dikemukakan dalam forum tersebut diantaranya penanganan penyakit masyarakat seperti miras, sesekalinya gangguan Kamtibmas, penanganan masalah pandemi COVID-19 yang harus lebih maksimal dan persoalan Pilkada Desember mendatang.

Merespons pikiran tersebut, Kombes Antonius Wantri menyatakann, situasi untuk wilayah Maluku masih aman dan kondusif. Karena itu perlunya kerjasama dari semua elemen masyarakat agar situasi Kamtibmas terus terjaga. Koordinasi lintas sektoral penting.

“Bapak Kapolda selalu tekankan dalam menangani masalah yang terjadi di masyarakat agar dengan pendekatan dari hati dan utamakan pola persuasif,” jelas Wantri.

Kasus penganiayaan kata dia, merupakan peringkat tertinggi dan penyebabnya miras. Maka peran masyarakat, tokoh pemuda, agama, dan masyarakat melakukan pendekatan persuasif dalam menanggulangi penyebab gangguan Kamtibmas dibutuhkan.

“Untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus corona di Maluku, kesadaran menjadi faktor utama, pakai masker dengan benar jika keluar rumah, rutin cuci tangan, jaga jarak dan jalani pola hidup bersih dan sehat,” tandas Perwira tiga melati.

Lebih jauh tambahnya, kemanan dan ketertiban bukan hanya tugas utama Polri tapi tugas bersama terutama masyarakat.

“Desember nanti Pilkada pada empat daerah di Maluku. Kerjasama semua elemen untuk mengedukasi masyarakat dapat terus dilakukan termasuk menjaga kondusifitas,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed