by

Pastikan Pemudik Terlayani, Kapolda Pantau Pos PAM Lebaran, Bandara Hingga Pelabuhan

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, kembali memantau kesiapan personel di sejumlah Pos Pelayanan dan Pengamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Ambon, Sabtu (30/4/22).

Selain memantau kesiapan personel pengamanan yang tergabung dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Angkasa Pura, Jasa Raharja, Basarnas dan lainnya disetiap pos yang dikunjungi, Kapolda juga memberi bantuan berupa paketan sembako.

Kunjungan pertama dilakukan Kapolda yang didampingi sejumlah pejabat utama serta Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, di Pos PAM Jembatan Merah Putih, Desa Poka. Ia melihat kesiapan personel dalam pengamanan Lebaran termasuk malam takbiran nanti.

Dari Poka, Kapolda dan rombongan bergerak meninjau kesiapan Pos PAM Bandara Pattimura. Kapolda disambut Danlanud Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo yang kemudian bersama meninjau arus mudik di bandara Internasional tersebut.

Saat meninjau area keberangkatan di Bandara, bersama Danlanud dan GM Angkasa Pura, Kapolda tampak berbincang dengan sejumlah calon penumpang, dan petugas Angkasa Pura.

“Hari ini kita bersama Lanud Pattimura dan Angkasa Pura bersama-sama melakukan pengecekan dan pelayanan masyarakat yang mudik tahun 2002 ini,” katanya.

Sejauh ini menurut Lotharia, pelaksanaan kegiatan berjalan aman kondusif dan lancar, juga tidak ditemukan hal-hal yang menonjol.

“Informasi dari pengelola dan Lanud juga saya lihat seluruh personilnya dilibatkan dalam pengamanan khususnya di bandara ini,” katanya.

Kapolda mengaku terus menghimbau masyarakat untuk bisa melaksanakan kegiatan mudik dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku.

“Kami terus himbau masyarakat untuk tetap ikuti aturan protokol kesehatan, jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan sebagainya serta ketentuan persyaratan-persyaratan yang lain,” pintanya.

Sesuai laporan Danlanud, akui Kapolda bahwa pihak bandara juga menyiapkan vaksinasi kepada masyarakat yang belum mengikutinya baik vaksin dosis satu, dua dan booster.

“Jadi masyarakat yang belum tervaksin bisa memanfaatkan, ini hal yang positif dan baik, terus kami berharap pelayanan ini dipertahankan bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Selain perhatikan Prokes, Kapolda juga ingatkan masyarakat yang akan mudik agar dapat menyesuaikan waktu dan jadwal keberangkatan, sehingga tidak tertinggal.

“Kemarin saya cek di pelabuhan dan hari ini bandara, semuanya dapat berjalan sesuai perencanaan. Petugas semua untuk kita fokus sampai selesai operasi. Jadi tidak hanya saat layanan mudik nanti, pelayanan arus balik juga harus kita maksimalkan sampai selesainya operasi Ketupat 2022,” pintanya.

Selepas dari pos pengamanan dan bandara, Kapolda dan rombongan juga ikut memantau Pelabuhan Penyeberangan Ferry Hunimua, Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Pos pengamanan dan pelayanan Kesehatan dari Puskesmas Waai ikut dilihat Jenderal Bintang Dua itu. Lotharia bahkan mengecek langsung kondisi KMP Inelika yang akan menyeberang ke Waipirit, sambil berbincang dengan sejumlah penumpang di lantai dua Ferry tersebut.

Setelah dipastikan aman dan lancar, mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu ke Pelabuhan Hurnala, Negeri Tulehu. Ia juga sempat mengecek kondisi Kapal Cepat Express Priscillia 99 yang memuat penumpang mudik tujuan Amahai.

Ia juga sempat berbincang dengan calon penumpang. Tak jauh dari situ, Jenderal Lotharia sempat pula meninjau pos Pengamanan dari Ditpolairud Polda Maluku di dermaga Hurnala. Sejumlah peralatan operasi yang digunakan pun diperiksanya.

Titik terakhir pos PAM Lebaran Idul Fitri yang dipantau Kapolda yakni di Ambon City Center (ACC) bilangan Passo, Kota Ambon.

“Intinya kami ingin masyarakat terlayani dengan baik, sehingga mereka dapat melaksanakan mudik dengan aman dan sehat,” pungkasnya.(MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed