Pasca Pemilu, Sinergi Pentahelix Penting Jaga Ambon Kondusif

AMBON,MRNews.com,- Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden dan legislatif tahun 2019 telah usai. Hasil sementara sudah diketahui pada tiap tingkatan, tinggal menunggu penetapan resmi KPU RI, jika tak ada gugatan di mahkamah konstitusi (MK) RI dalam waktu singkat. Di Kota Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) mengumpulkan semua elemen terkait baik aparatur pemerintahan dari camat hingga RT/RW dan stakeholder lainnya, untuk tetap merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sinergi Pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, komunitas, swasta dan media, bersama TNI/Polri sangat penting untuk tetap menjaga Ambon tetap aman, damai dan kondusif, sehingga dilakukannya rapat koordinasi (Rakor) sinergitas penyelenggaraan pemerintahan dalam merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa pasca Pemilu serentak Tahun 2019 di Convention Hall Maluku City Mall (MCM) Jalan. Sultan Hasanudin, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Selasa (21/5/2019).

Rapat koordinasi yang dihadiri kurang lebih 1.500 orang itu dipimpin langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. Louhenapessy katakan, tujuan diadakannya Rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi para aparat pemerintah di jajaran Kota Ambon sampai dengan tingkat RT/RW dalam menyikapi perkembangan situasi pasca Pemilu 2019.

“Pemilu 2019 di Kota Ambon telah berjalan dengan damai, dan ini berkat kerja keras semua elemen, termasuk TNI/Polri. Masyarakat jangan terpengaruh dengan gerakan-gerakan yang mengarah pada memecah belah persatuan kesatuan dan kesatuan bangsa. Tetap jaga keamanan dan kondusifitas kota Ambon yang telah terbangun dengan sangat baik hingga kini. Sinergitas semua pihak penting, ciptakan harmonisasi dan sikap toleransi satu dengan lain” tukas Walikota.

Sementara, Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Hartono, yang hadir sebagai narasumber pada Rakor itu menegaskan, pentingnya sinergitas antar komponen yang teramu dalam istilah sinergi Pentahelix, dimana sangat menuntut tanggungjawab dari G-A-C-B-M (Government, Academics, Community, Business, dan Media).

Lebih lanjut Hartono mengatakan, peran ketua RT dan RW di Kota Ambon sangat penting dalam memberikan arahan warga untuk tetap menjaga situasi yang kondusif di Ambon ini sampai dengan penetapan hasil Pemilu 2019. “Ambon harus tetap menjadi Kota Harmoni yang nyaman bagi siapapun yang tinggal di dalamnya,” pungkas Hartono.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kota Ambon, Dirbinmas Polda Maluku, Dandim 1504/Ambon, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kasi Ter Korem 151/Binaiya, para Babinsa Kodim 1504/Ambon, para Bhabinkamtibmas Polres Ambon, SKPD Kota Ambon dan para Camat, Lurah dan Ketua RT/RW Se-Kota Ambon. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *