Pasar Murah Sambut Hari Raya Waisak

AMBON,MRNews.com,- Pasar atau bazaar murah kembali dilakukan dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Selasa (14/5/19). Kali ini dalam rangka menyambut hari raya Tri Suci Waisak 2563 tahun 2019. Pasar murah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam menyambut hari-hari besar keagamaan. Hal ini pertanda kepedulian pemerintah provinsi Maluku dalam usaha pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat berpenghasilan rendah.

“Lewat pasar murah Waisak ini kita mau berbagi dengan sesama, sehingga paling tidak dapat membantu ringankan beban hidup warga. Sisi lain, diharapkan akan tercipta komunikasi, transaksi dan interaksi yang harmonis dalam menjalin rasa kebersamaan dan sepenanggungan. Dengan demikian akan mempererat tali persaudaraan sebagai orang basudara yang hakiki dan sejati,” tandas Gubernur Maluku, Murad Ismail lewat staf ahli Gubernur bidang kemasyarakat dan SDM, Halim Daties saat membuka pasar murah jelang Waisak di halaman kantor Disperindag.

Dirinya patut bersyukur karena selama ini dalam menghadapi hari besar keagamaan, stock kebutuhan pokok masyarakat untuk provinsi Maluku tersedia cukup. Ini berkat kerjasama pemerintah lewat Disperindag yang telah membangun koordinasi secara terus menerus dengan beberapa kota besar di Indonesia antara lain Surabaya, Makasar dan Manado sebagai pusat-pusat akumulasi distribusi kebutuhan pokok masyarakat di kawasan timur Indonesia dalam upaya memperlancar arus distribusi kebutuhan pokok masyarakat ke provinsi Maluku.

“Beberapa minggu terakhir, kenaikan harga terjadi pada bawang merah (kenaikan dari sentra produksi), bawang putih (kran impor sudah dibuka sementara dalam perjalanan, harga pantauan di Surabaya juga masih tinggi) dan cabe rawit merah (stok kurang menyebabkan di sentra lokal harganya juga naik). Maka diharapkan, Disperindag dan dinas terkait dapat melakukan langkah koordinasi secara inklusif untuk mengatasi masalah itu. Pelaku usaha maupun pihak lain kita minta tidak lakukan spekulasi yang dapat berdampak pada kenaikan harga,” tukasnya.

Sementara, Kepala Disperindag Maluku, Elvis Pattiselano menyatakan, pasar murah Waisak yang dilakukan selam tanggal 14-16 Mei ini selain memberikan kesempatan kepada para distributor untuk menyediakan dan menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga dibawah distributor, tetapi juga membantu masyarakat guna memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau serta sebagai sarana memperkuat tali silaturahmi antara sesama orang basudara di Maluku khususnya di kota Ambon.

“Barang yang dijual meliputi telur ayam, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, mentega, beras dan beberapa kebutuha pokok masyarakat lainnya. 10 Distributor terlibat yaitu CV Gema Rejeki, CV Tri Samudra, CV Makmur Abadi, Hypermart MCM, PT Padimas Prima, Bulog Divre Maluku dan Malut, Foodmart Amplas, Hypermart ACC, Fa Bandil dan Ayam Sehat. Harga dibawah harga distributor maupun eceran di pasaran. Kebutuhan bahan pokok dalam jumlah cukup jelang Waisak,” pungkasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *