by

Pasar Murah Bagian dari Ibadah Pemkot Ambon ke Umat

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy menegaskan, pasar murah jelang hari raya Idul Fitri tahun 2022 yang digelar Pemkot Ambon bagi warga Muslim di Kota Ambon khususnya adalah bagian dari ibadah pemerintah kepada umat.

Karena itu, dirinya telah memerintahkan staf di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon agar membagi kupon pasar murah secara benar dan adil kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya sudah minta ke staf agar bagi kupon itu betul-betul kepada orang yang butuh. Jangan karena dia punya saudara, lalu dia beri lagi, jangan, berdosa. Karena ini bagian dari ibadah pemerintah kepada umatnya,” tegas Walikota saat membuka pasar murah di pelataran balai karantina perikanan di Waiheru, Senin (11/4).

Diketahui, pasar murah oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyongsong Idul Fitri ini pada dua titik selama empat hari yakni di Desa Waiheru Kecamatan Baguala dan kawasan STAIN Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau.

Menurutnya, 2600 paket sembako yang dijual di pasar murah kali ini, jika dibeli di toko gerai modern seperti Alfamidi, harganya 125 ribu-170 ribu. Namun Pemkot subsidi ke distributor untuk di pasarkan ke warga hanya 75 ribu.

“Masyarakat yang beli hanya 50 ribu untuk setiap keluarga. Saya berharap sebenarnya bisa banyak lagi yang disubsidi, tapi kita terbatas di anggaran. Ada 2600 paket sembako disediakan di dua tempat, masing-masing 1300 paket,” jelasnya.

Louhenapessy berharap, masyarakat dapat melapor jika ditemukan ada warga lain yang mampu secara ekonomi tapi mendapat kupon pasar murah. Sebab pasar murah diperuntukkan bagi mereka yang akan jalani Idul Fitri dan sangat membutuhkan.

“Kasih tau ke kita, kalau lihat atau temukan seperti demikian. Karena kupon itu sebetulnya untuk ke orang yang layak dibantu, bukan mereka yang mampu,” tukas Walikota dua periode asal partai Golkar.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Ambon, Fiani Sitania menambahkan, paket sembako yang dijual seharga Rp 50 ribu ini kepada masyarakat berupa telur 1 rak, minyak goreng 1 liter, tepung terigu 1kg, gula pasir 1kg, susu 1 kaleng, mentega 200 gram.

“Jumlah kupon/paket yang tersedia selama 4 hari pasar murah sebanyak 2.639, dengan harga jual 50 ribu. Pasar murah ini selama 4 hari, 11-14 April 2022, dengan pusat di Desa Waiheru dan Amalatu-STAIN,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed