by

Pantau Vaksinasi Massal, Kapolri : Wilayah Capaian Vaksinasi Diatas 70 Persen, Antisipasi Omicron

AMBON,MRNews.com,- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memantau vaksinasi massal secara serentak di Indonesia dari Jakarta, Jumat (7/1/2022).

Kegiatan itu diikuti Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, didampingi Karo Ops, Kabid Humas, dan Kabid Dokkes Polda Maluku, Kapolresta dan Wakapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, serta Karumkit Bhayangkara TK.III Ambon dari Tribun Lapangan Merdeka Ambon.

Kapolri katakan, dalam percepatan vaksinasi, targetnya ialah dosis pertama 70 persen dan warga Lansia 60 persen. Hal itu menjadi sangat penting, karena akan dilakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“PTM tidak hanya dilaksanakan untuk 50 persen, namun diharapkan bisa mencapai 100 persen. Sebab itu, syaratnya harus memberi penguatan terhadap anak-anak dengan vaksinasi ataupun imunisasi. Karena ada resiko-resiko yang harus kita hadapi,” kata Jenderal Sigit.

Kapolri mengaku, berdasarkan hasil survey sudah terjadi pengunduran terkait kondisi pembelajaran yang yang terganggu dalam hampir 2 tahun ini.

“Ini yang menjadi PR kita bagaimana percepatan vaksinasi kemudian mengejar vaksinasi anak dan PTM segera dilakukan,” katanya.

Untuk wilayah yang pencapaian vaksinasi sudah diatas 70 persen, Jenderal Bintang Empat itu minta agar juga bisa mengantisapsi masuknya varian baru yaitu omicron.

“Ini jadi tantangan kita. Yang sudah vaksin pun bisa kena walau gejalanya OTG atau ringan dan sedang. Jadi terhadap yang belum vaksin, tentu ada resiko yang hampir mirip dengan varian delta, penyebarannya juga cepat. Ini harus kita antisipasi,” pesan Kapolri.

Saat ini diakuinya, masih dapat mengendalikan pertumbuhan Covid-19, sehingga benar-benar terkendali termasuk angka-angkanya.

“Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang bertugas, terus semangat, ini adalah tugas mulia, kehormatan kita semua,” katanya.

Mantan Kabareskrim Polri itu kembali menekankan untuk tetap melaksanakan percepatan vaksinasi agar segera mencapai target. Ini diharapkan agar kegiatan lain seperti PTM dan aktivitas masyarakat benar-benar bisa berjalan lancar dan aman.

“Alhamdulilah saat ini kita masih bisa mengendalikan pertumbuhan covid-19 sehingga benar-benar terkendali, angka-angkanya juga terkendali,” ujarnya.

Percepatan vaksinasi, kata Kapolri, juga diharapkan akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah masing-masing.

“Ini tentunya yang terus kita pertahankan. Tetap laksanakan protokol kesehatan,” pintanya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed