by

Pantau Pergantian Tahun, Walikota: Situasi Ambon Aman & Kondusif

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hasan Hadler memantau situasi malam pergantian tahun 2021 di Kota Ambon, Sabtu (1/12/22).

Keduanya mulai memantau aktivitas masyarakat dimalam pergantian tahun selepas pukul 00.00 WIT, dengan mengendarai mobil DE 1 dan DE 2, dari kawasan Karang Panjang Kecamatan Sirimau, lokasi rumah dinas Walikota dan Wakil Walikota.

Usai dari Karang Panjang, pantauan dilakukan menyusuri kawasan Belakang Soya, Batu Meja, Urimessing atau jalan Diponegoro, jalan dr Latumeten, Kudamati, OSM dan masuk kawasan Waringin-Talake.

Kemudian ke Waihaong, jalan AY Patty, jalan Tulukabessy, kawasan Batumerah, Tantui, Galala, Halong, Lateri, Passo, Nania, Waiheru, Hunuth, Poka, Jembatan Merah Putih (JMP) dan berakhir di pusat kota pukul 01.37 WIT atau 1,30 jam pantauan.

Hasil pantauan, terlihat kurang lebih 17 titik disekat aparat gabungan. Sehingga warga khususnya pengendara dari luar kota tidak bisa masuk ke pusat kota, demikian sebaliknya.

Apalagi bila yang berkendara dengan knalpot racing dan tanpa helm maupun masker, akan ditegur dan diarahkan putar balik.

Sementara itu, kepadatan warga terlihat di kawasan lapangan Merdeka dan Pattimura Park, yang menanti adanya pesta kembang api pergantian tahun. Namun dibubarkan aparat kepolisian beberapa jam sebelum pergantian tahun karena timbulkan kerumunan.

Usai memantau, Walikota Richard Louhenapessy mengaku, meski ditemukan terjadinya penyekatan di 17 titik strategis dan menjamurnya kelompok motor, namun situasi kota Ambon aman kondusif dan dapat dikendalikan.

“Situasi malam pergantian tahun dari 2021 ke 2022 di Kota Ambon aman terkendali, sangat kondusif. Soal petasan, penyekatan dan bunyian motor bising itu biasa terjadi tiap tahun, bukan hal lazim,” terang politisi Golkar itu.

Dirinya bersyukur dan mengapresiasi kerjasama antara pihak kepolisian, TNI dan stakeholder lainnya yang ikut berperan memastikan situasi Kamtibmas di momen pergantian tahun dan sambut tahun baru berjalan lancar dan aman.

“Terutama partisipasi masyarakat yang juga penting. Harapannya situasi ini dapat terus dipertahankan di tahun 2022 yang akan kita jalani bersama sehingga visi Ambon harmonis, sejahtera dan religius bisa terwujud,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed