Pansus I DPRD Diminta Tuntaskan Ranperda KTR

AMBON,MRNews.com,- Ketua DPRD kota Ambon, James Maatita meminta agar panitia khusus (Pansus) komisi I DPRD menuntaskan pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) kota Ambon tentang kawasan tanpa rokok (KTR) usulan pemerintah kota (Pemkot) Ambon.

Pasalnya ini merupakan PR yang tertinggal di masa sidang I tahun 2019 yang telah berakhir. Dimana dari 9 Ranperda yang dibahas pada tiga komisi, hanya 8 terselesaikan dan diserahkan saat tutup buka masa sidang I Mei lalu.

“Dorongan kita pimpinan DPRD tentu Pansus harus selesaikan di periode ini atau masa sidang II ini untuk Ranperda yang tersisa yakni Ranperda KTR. Sebab mungkin saja ada Ranperda baru dan itu perlu penyesuaian waktu dan kerja maksimal Pansus berbasis komisi,” tukas Maatita kepada awak media di Balai Rakyat Belso, Selasa (11/6/19).

Sementara kemungkinan adanya Ranperda baru baik usulan Pemkot maupun inisiatif DPRD, diakui Maatita, itu mungkin, tetapi nanti dilihat dulu urgensinya oleh badan musyawarah (Bamus). Agar jangan sampai saat dibahas, tidak selesai di masa sidang ini. Baru kemudian diberi penugasan ke komisi-komisi terutama berkaitan dengan Ranperda inisiatif.

“Sudah ada rapat Bamus di awal pembukaan masa sidang. Agenda tetap ada, nanti dilihat dulu yang bisa diselesaikan, kita selesaikan. Tapi kalau misalnya Ranperda yang tidak dapat diselesaikan dalam bentuk baru atau yang agak panjang durasinya, pasti tidak dilaksanakan,” ungkap ketua DPC PDIP kota Ambon itu.

Senada, ketua badan pembuat peraturan daerah (Bapemperda) DPRD kota Ambon, Jhony Wattimena menambahkan, di masa sidang I memang masih tersisa satu Ranpera yang belum tuntas dibahas Pansus I yakni Ranperda tentang KTR. Maka diharapkan akan dilanjutkan di masa sidang II ini.

“Jadi kita tentu minta ada dua Ranperda lagi dari Pemkot untuk komisi II dan III. Karena Pansus tetap dibentuk berbasis komisi. Kita sudah juga bicarakan dengan pimpinan Pansus komisi I agar secepatnya Ranperda KTR harus diselesaikan di masa sidang II” tukas Wattimena. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *