by

Pangan Aman Hingga Juni, Tak Terganggu Pandemi Covid-19

-Maluku-202 views

AMBON,MRNews.com,- Masyarakat Maluku diminta tidak perlu khawatir terhadap stok ketersediaan pangan, karena aman terjaga hingga bulan Juni 2020 mendatang. Meski ditengah pandemi Covid-19.

Kepastian tersebut diakui Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Maluku-Maluku Utara Asmal, Senin (6/4/20).

Menurut Asmal, 10 ton beras Bulog saat ini tersedia di Gudang milik Bulog di Kota Ambon. Karenanya untuk stok beras aman dan terjaga hingga pertengahan tahun.

“Ketersediaan pangan untuk beras saat ini cukup. Sebab di gudang kita tersedia 10 ribu ton dan aman hingga bulan Juni. Selain beras di Bulog yang aman hingga Juni, stok di swasta atau distributor juga tersedia,” kata Asmal saat press confrence di posko gugus tugas Covid-19 provinsi Maluku.

Namun begitu, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pasar dan animo masyarakat dikedua wilayah, Asmal mengaku, telah melakukan permintaan ke pihak Bulog pusat dan disetujui akan menambah lagi 4 ribu ton beras.

Terhadap itu, dirinya memastikan, Bulog tidak membuat pembatasan pembeli. Tetapi tetap dikontrol oleh Bulog dan pihak Satgas Pangan Maluku terutama mengantisipasi penimbunan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Di Bulog, strategi kita melakukan pelayanan melalui WhatsApp. Jadi agen dan PIPK sampaikan kekurangan langsung diantar Bulog. Kita juga langsung turun ke pasar untuk cek stok dan konfrontir harga dengan pengecer,” jelas Asmal.

Sementara pangan lain, lanjutnya, cukup tersedia dan aman kedepan. Diantaranya minyak goreng 40.260 liter, terigu 20 ton (20 ribu kilo). Sedangkan gula, untuk tahap I kurang lebih 200 ton yang sudah mulai pemuatan dari Lampung via Jakarta atau Surabaya.

“Untuk gula bisa diperkirakan seminggu baru tiba di Kota Ambon,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed