by

Pandemi, Perayaan HUT ke-445 Kota Ambon Dilakukan Virtual

-Kota Ambon-121 views

AMBON,MRNews.com,- Sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19 dan untuk meminimalisir adanya kerumunan atau aktivitas masyarakat dalam jumlah banyak, HUT ke-445 Kota Ambon pada 7 September mendatang akan dilakukan secara virtual.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, baik upacara maupun perayaan HUT ke-445 Kota Ambon seluruhnya secara virtual karena ancaman pandemi Covid-19. Berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang meriah hingga puncak acaranya.

“HUT kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena secara virtual, seluruh acaranya. Sebab adanya pandemi. Kita terobsesi dari kebijakan Presiden yang juga menggelar upacara HUT RI secara virtual,” beber Walikota kepada awak media di Balaikota, Senin (24/8).

Meskipun secara virtual perayaannya, tapi menurut Walikota, hal itu tidak menghilangkan makna dan semangat HUT ke-445 yang mengusung tema “Ambon Sehat”.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Pemkot Ambon Joy Adriaansz menambahkan, ada beberapa kegiatan yang jadi bagian perayaan HUT ke-445 yakni lomba kebersihan lingkungan antar kelurahan/desa/negeri. Maksudnya agar raja, lurah dan Kades selalu berinisiatif menerapkan pola hidup bersih dan sehat dilingkungannya.

“Lomba kebersihan lingkungan ini upaya dalam mencegah penularan COVID-19 dilingkungan. Ini jadi prioritas juga bagi pemerintah kota (Pemkot) untuk melihat Desa, Kelurahan, atau Negeri mana yang senantiasa menciptakan PHBS dilingkungan masing-masing, terkhususnya pada masa Pandemi COVID-19,” jelas Joy.

Lomba berikutnya, desa/kelurahan/negeri aman COVID-19, dengan melihat kriteria dari desa/kelurahan/negeri yang secara simultan berkoordinasi dengan Gugus Tugas pada tingkatannya untuk berupaya mempercepat memutus mata rantai Covid diwilayah masing-masing. Lalu ada lomba Mural bagi siswa SMP, SMU dan umum.

Saat perayaan HUT juga tambah Joy, akan dilaunching beberapa aplikasi salah satunya implementasi Sistem Informasi Manajemen Adminsitrasi Kependudukan (SIMAK) lewat pelayanan melalui Kios K.

“SIMAK ini Pemkot untuk mempermudah dan mempersingkat waktu pengurusan administrasi kependudukan masyarakat yang nantinya dapat dilakukan lewat aplikasi. Tahap pertama difokuskan pada 20 kelurahan,” akui Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon. (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed