by

Paays Mundur, Resley Dampingi Sairdekut Pimpin PB AMGPM

-Agama-257 views

AMBON,MRNews.com,- Pemilihan sekretaris umum (Sekum) PB AMGPM berlangsung singkat, tak seperti ketua umum. Sebab hanya berlangsung satu putaran. Pasalnya pendeta Yondry Paays menyatakan mundur dari pencalonan.

Padahal Paays saat perhitungan suara putaran awal unggul jauh dengan 97 suara. Diikuti pendeta Richard Resley dari daerah Kepulauan Aru 71 suara dan pendeta Ronny Tamaela 34 suara. Sisanya terbagi habis ke sejumlah nama.

Sesuai syarat, hanya Paays dan Resley yang berhak melenggang ke putaran kedua. Namun, saat ditanya kesediaannya selaku calon Sekum oleh majelis ketua Kongres AMGPM KE-XXIX tiga kali, Paays yang adalah Sekum demisioner “bersikukuh” tak bersedia.

Sementara Resley yang berada di spot 5 bersedia dicalonkan jadi orang nomor dua di organisasi yang berada dibawah naungan Gereja Protestan Maluku (GPM).

Karenanya, sekretaris Klasis di Aru itu pun langsung ditetapkan sebagai Sekum terpilih dan akan dampingi Ketum terpilih Melkias Sairdekut untuk memimpin AMGPM hingga 2025.

Sebelumnya, pada pemilihan Ketum PB AMGPM, Paays juga ikut berkontestasi. Sayang, diputaran final, jumlah dukungan 129 suara miliknya kalah tipis dari Sairdekut yang kantongi 134 suara. Selisihnya hanya 5 suara.

Usai duet Eky-Richard disahkan, komposisi pengurus besar (PB) AMGPM periode 2020-2025 termasuk koordinator wilayah (Korwil) langsung dibentuk dan dilantik/dikukuhkan dalam forum Kongres. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed