by

Optimisme Walikota, Ambon Balik ke Zona Orange Didukung DPRD

-Parlemen-124 views

AMBON,MRNews.com,- Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Gerald Mailoa mendukung upaya pemerintah kota (Pemkot) Ambon untuk menekan penyebaran Covid-19 guna mengembalikan lagi Ambon ke zona orange setelah kini masih ada di zona merah, dengan terus memperpanjang PSBB yang sudah masuki jilid IV.

“DPRD mendukung pernyataan Walikota soal optimisme Ambon bisa beralih ke zona orange ketika diperpanjang lagi PSBB transisi yang sudah ada dijilid IV,” tandas Mailoa kepada awak media di Baileo Rakyat DPRD, Kamis (3/9).

Menurutnya, sedari awal DPRD sudah sama-sama dengan pemerintah kota (Pemkot) menghimbau, mengedukasi masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 serta mengawasi kerja Pemkot dalam penanganan pandemi Covid-19.

Disinggung soal dukungan konkrit seperti apa bagi Pemkot, sementara janji Swab massal 35 anggota DPRD pun belum dijalankan, menurutnya, terhadap ini tergantung kesediaan seluruh anggota.

“Katong belum bicara diinternal pimpinan soal itu. Tapi kalau sudah ada pernyataan ketua DPRD, tinggal katong ikut saja. Nanti jalan. Karena kalau pimpinan sudah beri pernyataan resmi pasti jalan,” janji politisi PDI Perjuangan.

Apakah dukungan itu juga dengan mengharapkan Pansus Covid-19 DPRD lebih maksimal bekerja karena selama ini tidak ada kajian penyeimbang dari DPRD bagi Pemkot soal penanganan Covid-19, Mailoa mempersilahkan tanya ke ketua Pansus.

“Nanti tanya pa Oni Wattimena (ketua Pansus). Tapi sebagai pimpinan DPRD meminta Pansus lebih maksimal bekerja dengan kajian-kajiannya, untuk mendukung Pemkot. Harus lebih maksimal karena juga tanggungjawab DPRD bukan pemerintah saja,” demikian Mailoa.

Ketidak maksimalan kerja Pansus Covid-19 DPRD karena sejak dibentuk tak ada kajian pembanding untuk Pemkot Ambon. Apakah tepat PSBB diperpanjang terus, sudah harus masuki new normal atau urgensi lainnya.

Sebelumnya, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, meski Ambon kini di zona merah tapi skorsnya cenderung semakin baik.

“Kalau kita bisa betul-betul kerja keras lagi didua minggu terakhir ini dalam PSBB transisi jilid IV, saya optimis akan bergerak ke orange. Karena kemarin itu 1,5 sekarang naik 1,75. Jadi kalau misalnya kita bisa dapat 1,8-9, itu berarti kita sudah bisa bergerak ke orange. Mudah-mudahan saja,” tandasnya di Balaikota, Selasa (1/9). (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed