by

Operasi Yustisi Hari ke-6, Pelanggar Dihukum Ucap Pancasila Hingga Ditilang

-Kota Ambon-84 views

AMBON,MRNews.com,- Operasi Yustisi pada PSBB tahap V di Kota Ambon kini telah memasuki hari ke-6, Sabtu (19/9). Pelanggaran terhadap protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19 pun masih ditemukan. Penindakan menitikberatkan pada penggunaan masker dan jaga jarak pada kendaraan.

Pantauan media ini di lapangan, operasi Yustisi yang berlangsung di depan kantor DPRD Kota Ambon-Belakang Soya sedari pukul 15.30-18.00 WIT, sejumlah pelanggar Prokes ditindak karena tidak memakai masker, menjaga jarak saat berkendara roda dua, tiga bahkan empat.

Selain penindakan langsung dalam bentuk pemberian surat tilang oleh tim Satgas Covid-19 Kota Ambon untuk nantinya mengikuti sidang denda bagi yang tidak pakai masker, puluhan pelanggar juga diberi pilihan penindakan dalam berbagai cara.

Untuk kendaraan roda dua yang berpenumpang lebih dari kapasitas 50 persen, pelanggar diberi hukuman dengan push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya atau mengucapakan Pancasila.

Sedangkan kendaraan roda empat, sopirnya ditilang dan penumpang yang lebih diwajibkan turun dari mobil. Meski demikian, masih ada sejumlah warga pelanggar Prokes yang sempat melawan karena ditindak petugas.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Sekretaris Kota A.G Latuheru yang turun memantau operasi lapangan, ikut menegur para pelanggar yang melawan, kemudian memberi pemahaman serta edukasi.

“Jika kita lihat, hari ini cukup banyak pelanggaran baik tadi pagi di Trikora maupun Belakang Soya sore. Dominannya roda empat dan dua yang memuat penumpang melebihi kapasitas 50 persen. Para pelanggar diberi pilihan tilang. 90 persen warga kota sudah sadar ber-masker tapi sebagian kecil yang kalau ada razia baru ikut aturan,” tandas Walikota.

Nardi, salah satu pelanggar yang tidak memakai masker mengaku khilaf dan tidak akan ulangi hal yang sama kedepan. “Beta ditilang karena seng pake masker, jatuh dijalan saat perjalanan,” sesalnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed