Open House Lebaran Gubernur Maluku Diwarnai Tari Tore

AMBON,MRNews.com,- Sudah menjadi kebiasaan setiap hari-hari besar keagamaan di Provinsi Maluku, tarian khas negeri ini yang masih terjaga di Kabupaten/Kota ditampilkan oleh sekelompok orang, sewaktu gelaran open house oleh para pejabat. Sama halnya yang dilakukan sejumlah orang pasukan kuning (buruh sampah) Kota Ambon asal Kepulauan Tanimbar, ketika menampilkan tari Lelemuku atau Tore dari Tanimbar, saat open house Idul Fitri Gubernur Maluku, Murad Ismail di rumah dinas, Mangga Dua, Rabu (5/6/19).

Datang dengan balutan blus kuning, para penari Tore itu kemudian melantunkan beberapa lagu khas Tanimbar sambil menabuh tifa yang sekaligus menjadi pengiring gerakan khas bumi duan lolat. Mereka menari tak gratis, karena biasanya ada imbalan dari empunya hajatan sebagai bentuk apresiasi bagi tarian yang sudah ditampilkan. Di saat yang sama, ada pula sebagian warga Hutumuri menunjukkan tari Tobelo.

Sementara, pantauan media ini, Gubernur Maluku Murad Ismail dan isteri yang juga ketua tim penggerak PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad menggelar open house sejak pukul 09.00 Wit dan sesuai jadwal berakhir pukul 22.00 Wit, bagi para pejabat, tamu undangan maupun masyarakat. Meski hujan lebat, namun hilir mudik orang untuk datang berjabat tangan dengan mantan Dankor Brimob itu dan keluarga tak tertahan banyaknya. Bahkan sampai membuat macet kawasan Mangga Dua.

Sejumlah pejabat yang hadir diantaranya Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno bersama istri dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah provinsi Maluku, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Maluku yakni Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa beserta pejabat utama Polda Maluku, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dan pejabat Kodam, ketua DPRD Edwin Huwae, ketua MUI, ketua MPH Sinode GPM dan para tokoh-tokoh agama, Danlantamal dan jajaran, mantan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Wakil ketua DPRD Maluku Richard Rahakbauw.

Kemudian ada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Sekretaris Kota A.G.Latuheru bersama istri serta pimpinan OPD Pemkot Ambon, ketua BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy dan pengurus, Rektor IAIN Ambon Dr Hasbollah Toisuta, Rektor Unpatti Prof Nus Saptenno, GM PT Angkasapura-Maluku, Bupati kabupaten MBD Benyamin Thomas Noach dan istri, pimpinan partai politik yaitu Ketua DPD Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa, ketua DPW PKB Maluku Basri Damis, mantan anggota DPRD Maluku, Ayu Hasanussi dan DPC GAMKI Kota Ambon. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *