by

Oktober Musda HIPMI Maluku, Biaya Pendaftaran Caketum Suksesor JMS 250 Juta

AMBON,MRNews.com,- Setelah sempat tertunda karena dihantam Pandemi Covid-19, Musyawarah Daerah (Musda) XI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Maluku dipastikan dihelat 30 Oktober 2021 mendatang.

Panitia pengarah atau sterring committee (SC) dan panitia pelaksana atau organizing committee (OC) Musda telah dibentuk sesuai hasil rapat badan pengurus lengkap BPD HIPMI Maluku, Kamis (9/9) guna mensukseskan pelaksanaan pengambilan keputusan tertinggi di tingkat BPD tersebut.

Ketua umum BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy katakan, sesuai jadwal dan tahapan Musda XI, hari ini hingga 30 September 2021 telah dibuka pendaftaran calon ketua umum (Caketum) BPD HIPMI Maluku, dengan uang pendaftaran sebesar Rp 250 juta sesuai PO 03/2021.

“Pengembalian berkas Caketum sedari 1-8 Oktober 2021, 9-11 Oktober verifikasi dan penetapan Caketum, penetapan nomor urut dan penyampaian visi misi. 15-16 Oktober 2021 masuki masa kampanye (tim nominasi dan debat kandidat),” jelas JMS, sapaan akrab Sahetapy saat press confernce di Resto Sari Gurih Ambon, Jumat (10/9).

Selanjutnya, kata JMS, 18-21 Oktober akan dilakukan RBPL BPD HIPMI Maluku, yang didalamnya nanti disampaikan penetapan jumlah peserta Musda kepada BPC-BPC.

Khusus kontestan Caketum, sampai saat ini menurutnya ada empat kader terbaik HIPMI yang siap bertarung di Musda. Yakni dua pengurus BPD HIPMI Maluku, Charly Palapia dan Bodewyn Mailuhu, ketua BPC HIPMI Kota Ambon Yermia Padang serta mantan Ketua BPC HIPMI Aru Fajar Alfian.

“Sebagai ketua umum saya dukung full keempatnya. Dengan tidak lupakan moto besar HIPMI, persaudaraan persahabatan, bertanding untuk bersanding. Tapi masih terbuka bagi yang lain, selama memenuhi persyaratan dan kader HIPMI,” tandasnya didampingi Ketua dan Sekretaris SC, Jimmy Papilaya dan Didin Mahu serta Ketua OC, Hamka Karepesina.

Bagi JMS, sejak memimpin HIPMI Maluku selama tiga tahun, sedari tahun 2018 tidak mudah. Sebab harus dihadapkan dengan Pilkada Gubernur Maluku dan suksesi Pileg-Pilpres setahun kemudian. Diujung 2019 hingga medio 2020, hadapi situasi gempa bumi, kemudian dihantam Pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 hingga kini.

“Namun direntan waktu itu, program prioritas HIPMI Goes to Campus dan Goes to School berjalan untuk membangun jiwa entrepreneur generasi muda. Akibat Covid-19, kegiatan terbuka dan mengumpulkan banyak orang stagnan,” urainya yang sudah dipercayakan selaku Ketua Kompartemen Bidang Investasi Dalam Negeri BPP HIPMI.

Selain itu, legacy lain yang bisa ditinggalkan bagi pengurus kedepan sambungnya, yaitu terbentuknya dua BPC HIPMI, KKT dan MBD sehingga lengkap HIPMI hadir di 11 Kabupaten/Kota.

“HIPMI ini organisasi kader. Ketua umum hanya satu periode, tiga tahun tapi untuk selamanya. Beda dengan semua kader bisa masuk lebih dari satu periode kepengurusan,” beber JMS yang juga pengurus pusat KADIN Indonesia.

“Terima kasih kepada insan pers dan semua pihak yang mendukung kepengurusan kami sejak 2017. Luar biasa kerjasama yang baik. Saya berharap tidak sampai di periodesasi saya, tapi dukungan dan kerjasama itu dapat tetap terjalin kedepan dengan pengurus yang baru,” kunci pengurus DPP Partai Demokrat itu.

Sementara, Ketua SC Musda XI BPD HIPMI Maluku Jimmy Papilaya menambahkan, syarat Caketum selain anggota HIPMI, tapi juga telah tiga tahun atau satu periode di kepengurusan baik BPD maupun BPC, berusia dibawah 41 tahun saat mendaftar dan memasukan 20 dokumen persyaratan yang akan diverifikasi SC.

“Biaya pendaftaran 250 juta bukan money politik. Tapi karena HIPMI tidak pernah meminta dukungan dari pihak luar untuk kegiatan organisasi. Hanya dibiayai dari HIPMI, oleh HIPMI dan untuk HIPMI. Itu biaya maksimal sesuai PO 03/2021, level BPC maksimalnya 100 juta,” tegas Ketua OKK BPD HIMPI Maluku itu.

Biaya 250 juta itu pula sambungnya, akan digunakan untuk membiayai seluruh pentahapan Musda baik pendaftaran, kampanye, pengambilan nomor urut, asistensi ke Jakarta dan pelaksanaan Musda. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed