OKP Maluku Dukung Gerry Hukubun Dubes RI

AMBON,MRNews.com,- Beberapa organisasi kemahasiswaan dan pemuda (OKP) Maluku mendukung Gerry Habel Hukubun, politisi partai Hanura yang juga mantan anggota DPRD kabupaten Maluku Tenggara (Malra) sebagai perwakilan putra terbaik Maluku untuk menjadi duta besar (Dubes) luar biasa dan berkuasa penuh RI bagi negara sahabat. Diantaranya Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) wilayah Maluku dan Persatuan Mahasiswa Evav (PERMAVA) Maluku.

Mereka menganggap dan menilai Hukubun sebagai sosok yang tepat untuk menjadi Duta Besar RI, sebagai simbol keterwakilan pemuda Maluku didalam pemerintahan Presiden Jokowi pada periode kedua nanti. Sehingga, melalui Hukubun kepentingan Maluku sedikit banyak bisa diperjuangkan ke pemerintah pusat.

“Kami mendukung penuh bung Gerry Hukubun bukan tanpa alasan, tapi karena track record beliau dalam dunia internasional sudah teruji, terutama dalam memperkenalkan budaya dan kearifan lokal Maluku ke dunia Internasional yang selama ini dengan sukarela beliau lakukan. Maka sudah selayaknya bung Gerry mendapat mandat Dubes untuk dapat berbuat lebih lagi bagi Maluku di dunia internasional” ucap Sekwil LAMI Maluku Joses Josantos Walalayo dalam keterangan persnya yang diterima media ini, Selasa (11/6/19).

Senada, Ketua Umum PERMAVA-Maluku Wilson Rahayaan berharap nantinya Hukubun dapat dipilih Presiden Jokowi untuk menjadi Dubes RI bagi negara sahabat karena perjuangan dan rekam jejaknya bagi Maluku baik dari aspek politik, sosial budaya, ekonomi dan pariwisata tidak perlu diragukan. Selain itu keberadaannya menjadi simbol partisipasi dan kererwakilan putra Maluku di pusat, juga karena Hukubun sangat layak mengisi jabatan tersebut.

Salah satu fungsionaris DPD KNPI Maluku, Eliza de Lima menambahkan bahwa peran diplomasi modern ini membutuhkan peran diplomat muda yang mempunyai kemampuan terukur dalam menjadi perwakilan pemerintah RI di negara sahabat sehingga menjadikan Gerry Hukubun layak ditunjuk Presiden untuk menjadi Dubes RI bagi negara sahabat.

Diketahui, Dubes atau lengkapnya Dubes luar biasa dan berkuasa penuh adalah pejabat diplomatik yang ditugaskan ke pemerintahan asing berdaulat, atau sebuah organisasi internasional, untuk bekerja sebagai pejabat mewakili pemerintah Indonesia. Dalam penggunaan sehari-harinya dapat digunakan sebagai pejabat setingkat menteri yang ditempatkan di negara asing dan pejabat diplomatik yang melakukan tugas antara dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *